Category Archives: Review film

Review Film Film yang Asik yang pernah ditonton.

Seri Negeri 5 Menara : Kata Motivasi dari Iman Syafi’i

Kata motivasi ini saya dapatkan dari halaman Ebook Novel Negeri 5 Menara. Judul “Negeri 5 Menara” sendiri saya dapatkan saat membaca-baca berita di situs Republika. Diberita tersebut disebutkan sebuah film Indonesia yang akan dirilis pada tanggal 1 Maret 2012 yang berjudul “Negeri 5 Menara“.

Versi novel atau film Negeri 5 Menara sangat cocok untuk para pelajar, mahasiswa yang sedang menuntut ilmu terutama pelajar atau mahasiswa yang menuntut ilmu yang jauh dari kampung halamanya. Cerita di dalam “Negeri 5 Menara” sangat inspiratif.

Sinopsis film “Negeri 5 Menara” ini belum saya kupas pada postingan kali ini, karena saya sendiri belum menonton film ini. Namun ada trailer film Negeri 5 Menara ini di Youtube :

Kutipan yang menarik yang terdapat pada “Negeri 5 Menara” Adalah kutipan seorang ulama besar yang bernama Imam Syafi’i.

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang

Merantaulah, kau akan dapatkan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jka tidak, kan keruh menggenang

Singa jka tak tinggalkan sarang tak akan dapat mangsa
Anak panah jika tidak tinggalkan busur tak akan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa jika di dalam hutan.

Imam Syafi’i

Mungkin diantara pembaca blog ini ada yang memfokuskan pada aspek jalan cerita, latar belakang atau hal lainya. Namun bagi saya sendiri beberapa kutipan Imam Syafi’i dan kutipan berulang-ulang yang didengungkan “Man Jadda Wa Jada –  barangsiapa yang bersungguh-sunggguh maka akan berhasil” menjadi kata yang “mengusik” hati untuk melanjutkan perjuangan kuliah saya.

The Shawshank Redemption Film Inspiratif

Shawshank Redemption (1994) sebuah film yang saya dapatkan di situs IMDB, awal ketertarikanya bukan dari cerita atau review nya, tapi karena film ini mendapat rating tertinggi di dalam film drama. Penasaran dengan film yang masuk nominasi 150 besar film bagus versi komunitas IMDB akhirnya … ya indowebster. Mau beli niatnya tapi karena memanfaatkan yang gratisan dulu diutamakan hehe.

Wallpaper The Shawshank Redemption

Setelah download beberapa hari, dalam upaya supaya tidak mengganggu jaringan tetangga sebelah akhirnya selesai juga download film Shawshank Redemption. (Pembajakan film  tidak untuk dicontoh hehe). Di awal sejam pertama jalan cerita film Shawshank Redemption dipenuhi hal-hal yang “membosankan”. Berkisah tentang seseorang yang dituduh membunuh istrinya dengan latar pengadilan tahun 40an. Setelah ini itu diputuskanlah dia masuk penjara di tempat penjara yang penuh dengan kekorupan. Di awal kehidupan penjara penuh penderitaan karena dia disod* oleh beberapa penghuni penjara, sampai beberapa tahun berubah setelah lakon utama yang ada dicerita ini menawarkan bantuan pada sipir penjara yang mengalami kesulitan ekonomi. Sebagai “orang bank” si lakon utama di film ini sangat faham masalah finansial. Karena kemampuan inilah dia berubah menjadi lebih baik, sipir penjara jadi sedikit “ngasih” hati pun kepala penjara yang sok relijius, namun fungsi dia yang menjadi “ATM berjalan” yang membawa dia menjadi lebih lama untuk di “pelihara” untuk diperah oleh kepala penjara.

Suatu ketika seorang tahanan yang masih muda masuk dan membuka tabir tentang siapa sebenarnya pembunuh istri si lakon utama. Hal ini malah menjadi buruk karena si lakon utama menceritakan kebenaran ini dengan harapan untuk pembebasan. Yohan pernah mengalami hal sejenis hehe, menceritakan kenyataan pada kepala keluarga karena sesuatu dan malah hehe. Lanjut ke cerita Shawshank Redemption, Si lakon utama bukan mendapatkan pembebasan atau keringanan tahanan, malah mendapat balasan yang lebih kejam dengan mengurung dikotak sel yang sempit. Tahanan muda yang menceritakan kebenaran juga dibunuh dengan tuduhan akan melarikan diri.

Di hampir alur cerita lakon utama mengalami  penderitaan namun selama dalam tahanan dia memiliki teman yang akrab. Perbedaanya sangat jelas dalam banyak hal, dalam hal ini dalam hal keyakinan. Sahabatnya penuh rasa pesimis karena mengalami “pendindasan” di dalam penjara, ini menjangkit bukan hanya pada sahabatnya tapi ke hampir semua tahanan yang lain. Didalam tahanan juga si lakon utama (maaf lupa namanya jadi saya sebut saja si lakon utama hehe) banyak membuat suasana penjara berbeda, seperti memainkan musik italia ke speaker penjara, menjalin kerjasama untuk mendapatkan buku dan dana dengan pihak luar dan lain hal-hal nyleneh lainya.

Satu hari lakon utama meminta seutas tambang yang membuat sahabat-sahabatnya menyangka dia akan bunuh diri. Bahkan sahabat terdekatnya sampai tidak tertidur karen memikirkan hal ini. Di pagi hari saat inspeksi rutin semua diperiksa dan si lakon utama menghilang.(Saya meyangka dia hilang karena menyogok kepala sipir hehe, ternyata … )

Kepala penjara sangat marah dan ditengah kemarahanya dia melempar batu ke foto artis wanita yang sedang tenar waktu itu di sel tempat lakon utama, dan … plok … sobek. Dirobek gambar wanita itu dan tampak ada lubang didinding. Kepala penjara pusing tujuk kelilink karena “ATM berjalan”nya hilang.  Setelah dicari kemana kemari malah yang datang adalah polisi negara yang datang dan menangkap sipir serta kepala penjara yang akhirnya bunuh diri dalam upaya penangkapan itu.

Hal yang menjadi inspirasi pada film ini adalah keyakinan pada diri, optimisme, dan “keistiqomahan”. Keyakinan pada diri untuk mejalani jalanya yang berbeda seperti mutiara dalam lumpur. Optimis bisa keluar dari “neraka” yang penuh penderitaan dan keistiqomahan untuk memindahkan pasir segemgam demi segemgam selama 20 tahun dan merubah batu-batunya menjadi benda seni untuk menghilangkan jejak yang akhirnya membebaskan dia dari sel penjara yang telah mencoba untuk membunuh optimisme, kayakinan dan seluruh hidupnya. Beberapa hal yang penuh perjuangan untuk melaksanakanya.

Nonton Film Iron Man 2

Setelah rilis dan mendapat sukses besar dalam film Iron Man, kini Hollywood merilis film Iron Man 2 yang tayang di tahun 2010.

Setelah membaca review film Iron Man 2 dan nyari gratisanya akhirnya nemu juga. Ceritanya berkisah tentang.

Film The Classi Film Cinta Menembus Dua Generasi

Awalnya malas liat judul dan sampul film the Classic yang tidak menarik perhatian, tapi disampul belakang ada gambar yang digendong…. wah kayaknya ini film romantis. Tapi udah ada gambaran kalau film ini sejenis dengan film Road Home yang berasal dari Cina.

Mulai …

Film ini berisi dua sken yaitu kehidupan Ji-hye seorang pelajar dan kehidupan Ibunya Joo-hee yang sama sama mempunya background film di kehidupan sekolah / kampus. Selain itu pemeran utama Ji-hye sama dengan pemeran dari ibunya di masa lalu, jadi kalau gak jeli bakal bingung liat niefilm .

Film ini dimulai ketika Ji-hye beres beres, Seperti biasa kalau cewek kan lebih teliti dan rasa ingin tau tentang yang tersembunyi lebih besar (hati hati cowok jangan suka boongin cewek, lambat laun bakal ketemu) membuka buka surat surat dan buku harian Ibunya (Joo-hee), tapi belum sempat itu dia di telpon oleh Suk-woo dan akhirnya keduanya pergi ke pertunjukan Sang-Min cowok ganteng yang pemain memories of Bali yang nembak itu lho… yang jadi Jae-min yang nembah Lee So Jung (he..he..hapal ya :sinchan: )

Sukwoo dan Sang-Min memang sedang mulai menjalin hubungan. Saat pertama kali melihat Sang-Min, Ji-Hye sudah mulai jatuh hati. Terbukti pada saat dia cari cari perhatian gitu (biasa lah semua cewek suka cp cp gitu, bener gak :sinchan: ) liatin ke Sang-Mindan berharap Sang-MIn melihat balik. “Hadap sini…hadap sini”, dalam hati Ji-Hye, seperti biasa kalau cewek dah diliatin langsung deh pura pura cuek, nunduk atau liat ke mana gitu…he..he.. Setelha itu Suk-woo memperkenalkan Sang-Min ke Ji-Hye,dan tampak ada saling ketertarikan.

Pulang dari acara itu Ji-Hye membereskan pekerjaanya yaitu beres beres surat surat ibunya dan buku harianya. Dibacanya buku harian yang tebal itu yang menceritakan kisah cinta pertama ibunya. Dalam film ini ada flashback ke jaman ibunya yang masih diperankan oleh orang yang sama yang menjadi JI-Hye, jadi mungkin bagi yang pertama kali nonton dibuat bingung dengan alur yang dua skene.

Diceritakan dalam buku itu bahwa Ibunya mengalami kisah cinta pada saat liburan ke kakeknya dimana dia bertemu seorang pria bernama Joon-Ha. Awal pertemuanya di sungai saat Joon-ha melambaikan tangan bersambu lambaian tangan dari Ibunya. Ceritapun berlanjut saat Joo-Hee meminta Joon-ha menemani ke rumah hantuyang berada diseberang sungai. Joon ha mendengar itu sengang sekali, walau pun dia samasekali tidak bisa mendayung. Merek janjian di dermagadan berangkatlah mereka, hal lucu yang mereka alami yaitu pada saat Joon-ha tidak bisa mengayuh tapi dayung tapi karena cinta Joon-ha berusa :cinta: mereka akhirnya dapat meyebrang sungai. DI rumah hantu itu mereka menemui orgildan bukan hantu hingg ketawa2 sampai lupa hari mulai sore dan hujan. Saat mereka akan kemabali perahu, perahu tersebut telah terseret arus hingga ke tengah sungai, sehigga mereka berdua harus memutar diperjalanan mereka mengalami hal hal romantis hingga membuat keterikatan emosional satu sama lain seperti Joo-hee yg digendong (lihat gambar dibawah)

classic2 The Classic   Cinta Sejati Melintas Generasi

indah kan ? Jadi inget someone yang ku dah janji ke dia mau gendong dia =)= tapi takdir harus memisahkan ku dan dia =)=

selain digendong juga dibawakan buah semangka (nyuri…he..he..), Tak terasa sudah malam dan Joo-Hee terus digendong sampai ke perahu. Diperahu Joo-he meberi kalung ke Joon-Ha (kebalik cewek yang ngasih kalung). Yang kelak kalung itu menjadi kenangan yang diperjuangkan. (besok dilanjut ngantuk euy)

Film Si Yoko yang Penuh Kenangan

Tiba tiba aja aku ma kakaku jadi banyak permen ….. eh salah banyak temen…skip intro. Tiba tiba sore ini jadi pengen donlot lagu dari soundtracknya film si Yoko alias Return of the Condor Heroes. Cari cari di google dan di Multiply cuma nemu liriknya saja nie. Tempel saja disini …

Yuni Shara – Pendekar Rajawali

Siapa yang merubah hatiku
Siapa yang membuat kita satu
Selalu menyatu
Beban kecewa
namun takkan ku kan berakhir

Siapa yang membuatku pilu
Kembali datang masa lalu
Semakin dalam Gejolak jiwa
Benci dan cintamu menyatu
Kenangan indah pun memudar
Alami masa sendu
Walau kita kan berpisah
Rasa hati bergelora

Siapa yang membuatku resah
tak berharap untuk bercinta
Benci dan cinta slalu menyatu
Tak pernahkan ku kan berakhir

jada inget masa kecil dulu nie, pas dibelikan baju kek Yoko yang tanpa kerah. oke deh aku ceritakan masa Yoko yang booming di bumi Indonesia tercinta kita ini.
sekitar tahun 1990-an mulai bermunculan tv tv swasta, yang pertama RCTI Oke, di susul dengan SCTV surya gemilang, TVI makin asyik aja, terus disusul ANTV wow keren dan pada tahun 1995 muncul Indosiar. Pada masa itu ( mendongeng mulai deh ) kepemilikan atas televisi sangat jarang, di kampung kelahiranku ajayang punya TV cuma ada dua rumah ..he..he… termasuk ortu yang nulis cerita ini. Gak tanggung tanggung dulu pasang antena parabola (saat itu keberadaan antena parabola suka menjadi kontroversi, terutama di kalangan ponpes).

iya nie jadi ingen ke antena parabola juga, dulu jika antena parabola terpasang di perkampungan, maka siap siap saja sang pemilik bakal kena doorprize-nya. Ortuyang pasang antena ini pernah “kena siraman” dari seseorang, bahkan ada yang jebolin kawat parabolanya.. cape deh…. napa ya ? Aku juga kurang faham waktu itu, tapi jika mengambil yang fositipnya mungkin itu kontrol sosial buat mencegah masuknya budaya asing masuk ke kampung. Padahal waktu itu, sekeluarga gak nonton apa apa, tak ada MTVyang nampilin let’s Dance yang vulgar vulgar atau tayangan sinetron yang parah parah kayak sekarang. Waktu itu yang di tonton TNT Cartoon Network sama satu lagi HBO ato apa ya, lupa lagi… yang terus menerus tayangkan film film cowboy. Ya begitulah jaman itu. memang dalam kehidupan sisi luar merupakan hal yang pertama dipandang. Keberadaan parabola waktu itu jadi kontroversi.

Balik lagi ke Pendekar Rajawali, eh bentar ada lagunya nie… nemu juga di multiply, bagi yang mau download silahkan download disini

Waktu itu kalau nonton biasanya bareng bareng sama tetangga, tetangga tetangga dan temen temen satu kampung nonton bareng di rumah. Hal ini membuat acara nonton bareng jadi penuh keakraban, pada tahun tahun itu acara televisi dapat menyatukan hubungan persaudaraan dengan tetangga. Pada acara acara tertentuyang menjadi hot hits maka ramailah rumahku.

Lain badan lain pula keinginannya…..
iya ini tentang acara nonton bareng yang kadang suka menjadi kontroversi yang ingin acara A yang ingin acara B. Yang ingin acara TNT Cartoon Network dan Ksatria Baja Hitam (Aku dan barisan muda …) ada yang ingin nonton acara Telenovela SCTV ( kaum sepuh ….he..he…) kadang bikin kesel… Yang Muda Belum Boleh Milih… akhirnya yang muda yang mengalah ( maksudnya yang anak anak ).

Tapi kalau masalah Yoko dan Bibi Lung-nya semua suka. Yoko untuk semua….. makanya asyik nie kalo udah pulang ngaji langsung cabut nonton bareng ma tetangga asyik…. rame deh.
giliran pulang ….
siap siap sapu sapu ayo siapa yang piket …hiks hiks.. hiks …hiks

Yoko untuk semua. nie gambar Yoko dan Bibi Lung-nya :
kapan kapan di lanjut buat bahas isi cerita film-nya ya …. ( terutama yang gak ngalami boomingnya Yoko tahun 95-an)

rcondor02 Return of The Condor Heroes

cantik ya Bibi Lung-nya ? Siapa ya nama nya ?