bisnis-online

7 Poin Penting Prinsip Bisnis Online untuk Pemula

Beberapa waktu yang lalu ada kenalan yang bertanya tentang bagaimana cara memulai bisnis online dan mendapatkan penghasilan dollar yang besar melalui internet. Waktu itu saya memberi beberapa penjelasan yang saya rangkum menjadi 7 prinsip bisnis online untuk yang baru terjun memulainya. Penjelasan ini bukan merupakan patokan yang mutlak dari seorang pakar bisnis online, namun pengalaman saya pribadi yang mengalaminya sebagai pemula yang berbisnis online dari sejak tahun 2006.

Berdasarkan pengalaman yang saya alami saya meringkasnya menjadi tujuh poin penting yang mungkin bisa dijadikan semacam prinsip berbisnis online.

1. Niat berbisnis online, niat berbisnis online harus kuat. Karena niat yang setengah-setengah dapat menghantarkan pada penghasilan yang setengah-setengah. Niat berbisnis online juga menjadi pondasi yang menguatkan arah bisnis online. Sejak awal harus ditentukan capaian-capaian dan bisnis online apa yang akan digeluti.

2. Ilmu dan mentor berbisnis online, niat saja tidak cukup dalam berbisnis online. Betapa banyak para pemula yang memulai bisnis online malah rugi tertipu karena tidak faham aspek-aspek serta afiliasi yang menjadi rekan bisnis onlinenya. Ilmu bisnis online dapat diperoleh secara online di forum-forum bisnis online yang terpercaya ataupun mentor yang sudah sangat terpercaya.

3. Bisnis online itu (bisa) gratis. Pernyataan ini bukan berarti semua bisnis online itu gratis, tetapi bagi pemula yang memulai bisnis online sebaiknya memilih bisnis online yang gratis alis nol dollar. Hampir semua afiliasi online itu gratis seperti Google Adsense, Adbrite, Paid to Review dan sebagainya. Bahkan bukan hanya afiliasi onlinenya juga, penyokong bisnis online seperti domain, hosting atau blog banyak tersedia gratisan. Jadi sebagai saran belajar gunakan sumber daya gratisan yang melimpah yang tersedia secara online baik itu hosting, domain ataupun cms untuk blognya. Kalau ada yang gratis ngapain harus bayar hehe. Setelah sangat faham dengan lika-liku  bisnis online dan bisnis online mengalami peningkatan dan kemajuan barulah kita upgrade hosting ataupun domain menjadi yang berbayar juga.

4. Nikmati setiap jenjang proses belajar bisnis online. Nikmatilah proses belajar bisnis online. Jangan mahasiswa yang ingin berburu nilai ataupun hasil tapi nikmati setiap proses belajar mulai dari belajar membuat blog, membuat postingan, memodifiikasi templates, menggunakan domain, mengoptimalisasi di mesin pencari (SEO), daftar afiliasi online, menempatkan iklan dan seterusnya. Jadi jangan sampai melihat berapa ratus dollar yang akan dihasilkan tiap bulan tapi lihat upaya apa yang telah, sedang dan akan dilakukan untuk meningkatkan kunjungan website.

5. Kenali Afiliasi yang diikuti. Hal ini penting karena tidak semua bisnis online itu sehat bahkan ada banyak yang berbentuk penipuan. Oleh karena itu kenali bisnis online yang akan diikuti. Cara mengenalinya bisa bertanya pada mentor,  mencari track record di Google dan forum-forum afiliasi online. Selain dengan melihat track record Anda juga bisa melihat rank alexanya, walaupun cara ini tidak menjamin karena bisa saja rank alexanya bagus tapi penipu.

Tampilan Google Adsense

Google Adsense

6. Berburu ikan kakap dulu baru ikan teri. Dalam bisnis online banyak afiliasi online yang tersedia mulai dari yang bisa menghasilkan beberapa sen per hari sampai dengan ribuan dollar. Contoh afiliasi online yang menghasilkan sen per hari Paid to Click, Pay per Download, dan sejenisnya. Program afiliasi itu memang bisa menghasilkan lebih tapi perlu usaha lebih seperti mendaftkan refferal dan lain sebagainya. Selain itu harus diwaspadi bahwa mayoritas PTC itu lahir untuk menjadi scam dikemudian hari. Carilah program afiliasi yang bagus seperti Google Adsense, Clicksor, Amazon, Paid to Review dan lain sebagainya. Jika bisa menggarap yang kakap mungkin bisa dipertimbangkan yang teri.

7.  Memiliki Andalan dan fokus utama bisnis online. Jika sudah menemukan tipe jenis bisnis online yang cocok, Anda harus memiliki kefokusan atau yang menjadi andalan utama. Misalnya fokus di bisnis online paid to review, fokus dalam bisnis online pay per click google adsense, jual beli domain, domain parking ataupun jenis lainya. Bahkan Anda harus memfokuskan pada afiliasi tertentu seperti Google Adsense. Namun jangan mengabaikan yang menjadi penyerta karena bisa menjadi cadangan jika karena suatu hal akun Google Adsense di banned.

Semoga tulisan bisnis online bagi pemula ini bermanfaat. Selamat mencari dollar online.

5 thoughts on “7 Poin Penting Prinsip Bisnis Online untuk Pemula”

  1. kalau dipikir2 bisnis online itu banyak yang penuh tipuan, jadinya harus waspada juga memilih partner dan program affiliasi ni
    terima kasih atas wacananya, bisa menjadi acuan bagi saya

  2. the of the thyroid hormones T3 and T4.  Most common disease due to Hypothyroidism is known as Hashimoto’s Thyroiditis. Thyroid problems are seen much more in women than in men. Share this: Pin It Filed Under:

  3. Terima kasih sebelumnya. Sedikit tambahan dari saya mengenai prinsip dalam berbisnis online:
    1. Bisnis online itu tidak ada yang menghasilkan uang dengan mudah. Anda harus bekerja keras terlebih dahulu.
    2. Hati- hati dengan bisnis online yang menjanjikan penghasilan banyak dalam waktu singkat.
    3. Bangunlah bisnis online yang nyata, It’s time to Action!
    Baiklah, karena kelengkapan artikel ini, sehingga saya pun memasang back link dari artikel saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *