Coretan

Gambaran dan Efek Badai Matahari 2012 – 2013

11 January 2012

Badai matahari, mendengar kata badai merupakan suatu yang sangat mengerikan. Apalagi jika dikaitkan dengan badai matahari. Beberapa waktu yang lalu beberapa media nasional dan internasional juga situs-situs iptek luar negeri seperti situs Discovery banyak menyoroti tentang badai matahari.

Dari video gambaran badai matahari 2012 yang saya lihat di situs discovery channel ada satu hal yang ilmu yang baru saya ketahui dan juga video tersebut meningkatkan keimanan. Di video tersebut ditampilkan ditampilkan bahwa ada satu lapisan lagi selain lapisan atmosfir yang melindungi bumi ini. Sebuah lapisan magnetis yang mengelilingi langit planet bumi.

Video  ilustrasi  tentang badai matahari yang saya dapatkan dari Discovery Channel :

Gambaran badai matahari (klik continue, jika nampak terlalu kecil klik  kanan lalu klik zoom out untuk memperbesar tampilan gambar dibawah ini) :

Dari beberapa artikel yang saya baca disebutkan bahwa efek dari badai matahari ini akan menggangu jaringan komunikasi terutama yang terkait dengan komunikasi yang melibatkan satelit. Selain komunikasi satelit badai matahari juga akan menggangu jaringan listrik dan frekuensi radio. Mudah-mudahan jika badai matahari terjadi tidak berefek banyak terhadap jaringan komunikasi yang lebih jauh. Apalagi di era ini penduduk bumi sangat bergantung pada satelit komunikasi untuk berbagai aktivitas.

Selain efek dibidang teknologi juga, efek lainya itu berpengaruh terhadap iklim dan cuaca. Seperti penuturan Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Mulyono Prabowo :

“Peningkatan aktivitas badai Matahari memang bisa mengakibatkan meningkatnya energi yang diterima Bumi. Memang, itu bisa memengaruhi suhu di permukaan Bumi,”

Walaupun begitu Mulyono menambahkan “Peningkatan panas akan terjadi secara gradual, bertahan dalam waktu lama, dan menurunnya juga gradual. ” Jadi efek ini tidak serta merta terjadi sekaligus dalam satu dua hari.

Posisi Bumi dan Matahari

Gambaran dan Efek Badai Matahari

Sumber : pakarfisika.wordpress.com

Ilustrasi : Perisai Magnetik Bumi

Gambaran Badai Matahari

Sumber : scienceblogs.com

Jadi lebih faham apa yang dikatakan guru agama yang mengutip ayat alquran :

“Dan Kami menjadikan langit sebagai atap (As Saqofa) yang terpelihara, namun mereka tetap berpaling dari ayat – ayat itu.”

(Q. S. Al Anbiya[21]:32). Juga merujuk penjelasan artikel seorang dosen ITB di Atap (As Saqfa) Yang Terpelihara , dijelaskan ada dua jenis pelindung planet bumi dari benda-benda langit yaitu atmosfir bumi dan satu lagi yang dinamakan sabuk Van Allen. Satu yang disebutkan terakhir baru saya ketahui, karena sewaktu SD, SMP ataupun SMA hanya mengetahui atmosfir saja (atau saya nya tidak fokus mendengarkan penjelasan guru sekolah hehe). Alhamdulillah dengan koneksi internet dirumah jadi banyak tahu ilmu pengetahun apalagi dengan adanya penjelasan video jadi lebih cepat faham.

loading...

You Might Also Like

5 Comments

  • Reply sa 11 January 2012 at 03:39

    Jadi ini berari kiamat tea ya kang? 😮

  • Reply Aa Yohan 11 January 2012 at 03:44

    @Sa : Berdasarkan para ahli yang ada disitus Discovery, efeknya hanya pada teknologi (telekomunikasi, jaringan listrik dan frekuensi radio) walaupun terjadi ke alam hanya perubahan suhu dan terjadi tidak seperti yang dihebohkan di film 2012. Urusan kiamat wallahu’alam 😀

  • Reply wahyu 27 January 2012 at 18:39

    Huwh ngeri y..
    semoga saja kita masih di beri kesempatan tuk hidup lebih lama laghi
    Allah maha besar

    • Reply Aa Yohan 27 January 2012 at 19:38

      Iya semoga ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk lebih rajin beribadah lagi.

  • Reply Acha Nirina 2 March 2012 at 16:48

    Sesungguhnya menurut Islam matahari itu setiap siang hari selalu mengelilingi bumi sesuai dalil didalam Link ini!:

    http://abiubaidah.com/matahari-sujud.html/

  • Leave a Reply