logo-google-drive

Google Drive Layanan Penyimpanan Data Online

Google meluncurkan satu layanan lagi yang bernama Google Drive. Peluncuran Google Drive ini pada tanggal 24 April 2012. Perusahaan Google mengeluarkan layanan Google Drive sebagai upaya memenuhi kebutuhan cloud computing para pengguna internet yang akhir-akhir ini semakin marak seiring dengan semaking baiknya jaringan internet di dunia.

Apa itu Google Drive dan Apa manfaatnya?

Google Drive merupakan layanan dari Google untuk penyimpanan data secara online. Kapasitas penyimpanan data online yang disediakan Google Drive mulai 5 GB untuk pengguna gratis. Sedangkan untuk paket berbayar disediakan hingga 16 TB bergantung dengan biaya sewa bulanan layanan Google Drive ini. Dalam istilah sederhana Google Drive merupakan hardisk online yang disedikan oleh perusahaan Google.

Sebelum Goolge meluncurkan layanan penyimpanan data online ini beberapa perusahaan lain telah lebih lama membuat layanan sejenis. Beberapa perusahaan layanan penyimpanan data online seperti DropBox dan SkyDrive. SkyDrive merupakan layanan penyimpanan data online milik Microsoft. Berbeda dengan filesharing seperti rapidshare, layanan ini lebih ke personal dengan fitur sikronisasi data pada media penyimpanan komputer lokal dengan pusat penyimpanan data secara online. Beberapa filesharing sudah merambah ke layanan penyimpanan data ini.

Manfaat dari penyimpanan data online ini yaitu untuk menjaga berkas data tetap aman dari kerusakan hardisk lokal, pencurian dan sebab lainya. Selain itu penyimpanan berkas data secara online juga mengurangi “beban” bawaan berupa data di perangkat keras seperti laptop, hardisk, flashdisk dan media penyimapan data lainya. Selain itu data-data tersebut akan aman dari kerusakan media-media penyimpanan.

Walaupun memiliki keuntungan-keuntungan seperti yang disebutkan di atas, media penyimpanan secara online juga memiliki kekurangan. Beberapa yang harus diperhatikan yaitu terkait koneksi internet tempat pengaksesan data. Media penyimpanan online tersebut tersambung dengan jaringan internet oleh karena itu pastikan koneksi internet tersambung stabil. Selain masalah koneksi internet hal yang harus diperhatikan yaitu  keamanan seperti penggunanan password.

Tampilan Google Drive

Fitur-fitur yang disediakan oleh Google Drive.

Google Drive dengan kapasitas penyimpanan 5 GB paket free user dan sampai dengan 16 GB untuk paket paid user memberikan layanan penyimpanan data secara online dengan fitur-fitur seperti :

1. Google Cloud Connect, fitur ini memungkinkan penyimpanan MS Office 2003, 2007 dan 2010 dapat disinkronkan dengan penyimpanan komputer lokal dengan Google Drive.

2. Google Docs, fitur ini untuk mengedit dokumen yang mendukung google doc secara online.

3. Google Drawing, fitur ini untuk mengedit file gambar secara online.

4. Sinkronisasi berkas data komputer lokal dengan cloud computer yang disediakan oleh Google Drive.

Selain ketiga fitur diatas masih ada fitur-fitur lainya yang terkait dengan penyimpanan dengan software Google Drive yang bernama googledrivesync. Pada tulisan saya selanjutnya saya akan membahas cara penggunaan Google Drive. Tulisan kali ini merupakan pengenalan saja tentang Google Drive.

Ingin mencoba Google Drive? Silakan kunjungi laman Google Drive. Semoga tulisan tentang Google Drive Layanan Penyimpanan Data Online bermanfaat dan Anda dapat memanfaatkan layanan penyimpanan berkas online ini. Selamat mencoba.



One thought on “Google Drive Layanan Penyimpanan Data Online”

  1. sy menggunakan layanan google drive ini untuk menunjang bisnis online sy. misal utk catatan file stok dan jenis barang yang tersedia serta invoice reseller.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>