Logo Gmail

Langkah-Langkah Mendaftar Email Gmail

Cara mendaftar email bagi sebagian orang mungkin sangat mudah, tapi sebagian lagi mungkin sulit. Oleh karena itu dalam rangka berbagi ilmu, YohanSalman.com akan memberikan tutorial tentang cara mendaftar email di gmail. Mendaftar di Gmail atau Google Mail memiliki banyak keuntungan. Keuntunganya yaitu satu akun Gmail akan terhubung dengan akun-akun milik perusahaan Google lainya seperti Blogger, Youtube, Google+, Google Webmaster, Feedburner dan produk Google lainya.

Selain dapat terhubung dengan banyak layanan Google lainya, Gmail dari sisi fitur memiliki banyak keuntungan dibanding layanan email gratis lain.  Beberapa keuntungan Gmail yang saya rasakan yaitu:

1. Tampilanya yang tidak terlalu diramaikan oleh iklan.

2. Daya muat file lampiran (attachment file) bisa memuat sampai 20 MB.

3. E-mail bisa dilabeli atau dimasukkan kedalam folder dengan pelabelan sendiri sehingga memudahkan pengelolaanya.

4. Email yang masuk langsung tampil di inbox tanpa harus merefresth halaman gmail.

Pendaftaran Email Gmail sangat mudah. Berikut saya uraikan langkah demi langkah mendaftar email menggunakan layanan gmail :

1. Kunjungi gmail.com lalu klik  create an account atau Buat Akun dalam Bahasa Indonesia.

2. Isi form pendaftaran gmail dengan teliti dan benar. Umumnya pendaftar yang gagal mendaftar karena adanya kesalahan-kesalah pengisian kotak isian dalam pendaftaran email. Untuk itu saya jelaskan detail tiap kotak isian.

Daftar Email

Name : Kotak isian First dan Last diisi dengan nama depan dan nama belakang contohnya : Aa Yohan, sebaiknya tidak ditulis aa yohan atau AA YOHAN. Huruf awal nama sebaiknya berhuruf kapital.

Choose Username : diisi dengan username yang akan menjadi alamat email gmail. Contoh pengisian misalnya aayohan. Tanda underscore ( _ ) dan dash ( – ) tidak diperbolehkan di Gmail. Isilah dengan benar dan mudah dihapal. Username yang sudah dipakai orang lain akan ditandai dengan adanya pemberitahuan dibawah kotak username dengan Someone already has that username. Try another? Coba ketik lagi dengan username yang berbeda hingga tidak ada tanda notifikasi berwarna merah.

Create A password : Diisi dengan password untuk login. Hindari penggunaan password dari tanggal lahir, kota kelahiran, nomor handphone atau angka dan hurup yang mudah diterka seperti 123456. Sebaiknya password merupakan kombinasi huruf, angka dan tanda baca. Misalnya : m4m1kub41k? (seperti anak ABG alay hehe, tapi ini lebih aman karena ada kombinasi huruf, angka dan tanda baca di ujungnya, spasi juga dapat digunakan). Pastikan karakter demi karakter tertulis jelas. Pastikan pula saat mengetikan password, tombol CAPSLOCK dalam keadaan mati untuk memastikan karakter yang ditulis huruf sesuai kapital tidaknya. Penggunaan huruf kapital juga sangat bagus contohnya M4m1kub41k? (huruf M tercetak kapital).

Confirm your password : ketik ulang password yang sudah ditulis. Password di kotak isian confirm your password harus sama dengan kotak isian create password.

Birthday : diisi dengan pilih bulan lahir, isi tanggal lahir dan tahun lahir. Kesalahan umum yang sering terjadi adalah mengisikan tanggal sekarang hingga pendaftaran gagal.

Gender : pilih male untuk laki-laki dan female untuk perempuan dan other untuk akun email lembaga.

Other email address : isi dengan alamat email alternatif lain. Jika tidak memiliki kosongkan. Email alternatif sangat penting jika lupa password, pemberitahuan perubahan password akan masuk ke email alternatif email ini.

Prove you are not robot (kotak isian captcha) : Isi dengan karakter yang nampak. Jika karakter tersebut sangat sulit terbaca klik tanda panah memutar atau tanda audio disebelah kotak isian. Tanda panah memutar untuk mengganti karakter dengan karakter yang lain.

Cara Mendaftar Email Pengisian Captcha

Jangan lupa centang kotak centangan I agree to Google terms of service dan privacy policy.

Anda juga bisa mencentang +1 Google jika ingin mengaktifkan Google+.

Klik Next Step

3. Jika tidak ada yang keliru dalam proses pengisian form diatas maka setelah mengklik next step akan muncul halaman selanjutnya.

Jika Anda mencentang +1 Google halaman yang akan muncul yaitu halaman untuk upload foto profil Google+. Anda dapat menskipnya. Jika tidak mencentang Google Plus maka akan muncul halaman welcome. Selanjutnya Anda dapat mempergunakan akun Google ini sebagai email dan produk layanan Google lainya.

Demikian tutorial cara membuat email di Gmail edisi detailnya, tutorial tentanc cara mengirim email dengan gmail akan saya buatkan segera. Insya Allah. Untuk pengguna Yahoo Mail saya sudah pernah membuatkan tutorialnya di tulisan saya yang berjudul Cara Membuat Email Yahoo dan Cara Mengirim Email Yahoo. Pembaca tutorial yang budiman, silahkan isi komentar untuk masukkan dan pertanyaan-pertanyaan.

4 thoughts on “Langkah-Langkah Mendaftar Email Gmail”

  1. terlanjur meberikan email yang dipisahkan dengan underscore ( _ )
    apakah bisa diperbaiki atau dibuatkan akun yg ber underscore ( _ ).??
    mohon pencerahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *