Lankah 1

Langkah Demi Langkah Membuat Email di Yahoo

Ada banyak yang menanyakan tentang cara membuat email bagaimana ? Inilah jawabanya he..he.

Berikut adalah langkah demi langkah tentang tata cara membuat email :

1. Masuk ke YahooMail.com setelah itu akan muncul tampilan seperti ini :

Lankah 1

Klik tombol sign up seperti yang ditampilkan di atas, tampilan bisa sewaktu waktu berubah jadi yang penting klik menu Sign Up.
2. Setelah mengklik tombol sign up akan muncul form isian yang harus di isi secara lengkap, pada bagian atas formulir isian itu ada pilihan bahasa seperti ini :

membuat alamat email 2

Dari pilihan kita pilih pilihan bahasa Indonesia atau inggris yang akan memudahakn dalam pengisian kolom isian. Tutorial ini akan menggunakan pilihan bahasa yaitu bahasa inggris.

3. Isilah forumlir data diri :

Langkah Membuat Email di Yahoo 4


My Name
di kolom pertama di isi Nama Depan dan di kolom kedua diisi nama belakang.

Gender yaitu jenis kelamin. Klik dan pilih male untuk laki laki dan female untuk perempuan.

Birtday yaitu tanggal lahir. Pada opsi itu klik pilih bulan lahir lalu pada kolom sebelahnya masukkan tanggal lahir. Dan pada kolom terakhir yaitu tahun lahir yang di tulis format empat angka misalnya : 1985

I live in yaitu tempat tinggal. Pilih Indonesia untuk yang bertempat tinggal di Indonesia.

Postal Code yaitu kode post tempat Anda tinggal Jika belum tahu kode post bisa di isi dengan angka sementara 5 angka.

4. Isiliah akun email yang Anda inginkan, akun ini bisa di gunakan untuk chatting YahooMessenger atau fitur fitur lain yang disediakan oleh Yahoo.

Yahoo ID and Email di isi dengan alamat email yang ingin dibuat misalnya
gurul57 atau huruf awal ID tidak boleh angka atau karakter lain. Kita bisa menggunakan kata dengan underscore (garis bawah) seperti nurul_cute91 ID yang di masukkan tidak pakai tanda @ karena setelah itu akan ada opsi kolom @yahoo.com  ,  @ymail.com atau @rocketmail.com bergantung selera @-nya klik check untuk memastikan akun atau alamat email itu belum di gunakan. Jika sudah ada yang memakai akan ada pemberitahuan seperti ini :

Langkah 4b membuat email

dibagian bawah dari alamat email yang diketikkan muncul pilihan pilihan email alternatif yang masih tersedia atau kita sendiri bisa mengetik ulang alamat yang baru.

pada bagian password masukkan kata kunci lalu

pada bagian re-typepassword ketik ulang password yang di masukkan sebelumnya untuk memastikan password itu betul betul valid. Perhatikan jenis keyboard huruf kapital atau tidak kapital atau ada spasi. karena itu termasuk karakter yang berbeda.

5. Pada form selanjutnya yaitu form yang berfungsi jika lupa password untuk login :

Kolom Isian Alternative Email dikosongkan jika kita belum mempuyai email yang lainnya jika sudah memiliki email lain alangkah baiknya diisi untuk berjaga-jaga jika lupa password.

1.Security Question di pilih dengan pilihan kita Misalnya kita pilih Where did you spend your honeymoon ? pada form answer misalnya tasikmalaya usahakan nama ini unik supaya tidak bisa diterka orang lain. Ata kita bisa membuat pertanyaan kita sendiri dengan memilih pilihan Type Your question here dan ketikkan di kolom yang disediakan dengan diisi pertanyaan kita sendiri misalnya : guru terfavorit SD-ku ? Lalu di dalam kolom answer masukkan jawabanya. Cara ini lebih baik dan lebih terjamin kerahasiaanya.

2. Security Question, form isian ini seperti langkah 1.security question.

6. Langkah selanjutnya memasukkan karakter huruf dan angka yang tertera pada layar / form isian Type the Code Shown. Masukkan karakter itu dengan benar kapital dan bukan kapitalnya.

7. Jangan lupa untuk mencentang opsi persetujuang dengan mengklik kotak opsi persetujuan seperti pada gambar ini :

8. Langkah terkahir klik tombol Create My Account.

Catatan Penting :

Jika muncul tanda pada beberapa form isian berarti form isian tersebut bermasalah atau belum lengkap terisi, silahkan edit atau ubah form isian tersebut. Contoh form isian yang tidak terisi akan tampil seperti ini :

Form isian itu bermasalah karena nama dan kode pos belum terisi.

Selesai. Jika pengisian kolom lenkap maka akan ada tampilan berhasil seperti ini :

Artikel ini di dedikasikan untuk Nurul  yang bertanya tentang cara membuat email di Yahoo secara mudah dan selangkah demi selangkah. Di kesempatan lain akan saya uraikan tentang cara login, mengirim, mengirim email ke beberapa orang sekaligus, menerima, membalas email serta melampirkan dokumen (attachement berupa gambar atau dokumen word). Untuk saat ini sekian dulu. Terimakasih. Silahkan kasih komentar dan saran.



8 thoughts on “Langkah Demi Langkah Membuat Email di Yahoo”

  1. Mohon info untuk mengubah tahun kelahiran di profile yahoo.

    Seharusnya 1998 tapi waktu membuat 1975.. pas saya mau ubah tidak bisa lagi. Mohon petunjuknya.

    Terima kasih.

  2. It is truly a great and helpful piece of info. I am happy that you simply shared this
    helpful info with us. Please stay us up to date like this.
    Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>