Memantau Update Blog-Blog Favorit dengan Google Reader

Google reader merupakan salah satu fasilitas dari Google yang mungkin banyak diabaikan orang, padahal manfaat dari Google reader sangat besar terutama bagi blogger dan pembaca berita. Fasilitas Google yang mungkin paling banyak digunakan adalah mesin pencarinya, gmail, blogger, youtube, Google plus dan mungkin adsense-adword tapi mungkin banyak yang belum memanfaatkan Google Reader.

Pengguna Google Reader dapat memantau update blog-blog yang diikuti. Bukan saja di bookmark atau ditandai sebagai situs pilihan, tetapi juga dapat dimunculkan update terbaru dari blog yang diikuti beserta dengan konten garis besarnya. Layanan ini gratis dari Google.

Manfaat dari Google Reader yaitu

1. Pengguna akan lebih update dalam menerima info terbaru terutama dari situs-situs berita tanpa harus mengunjungi situs beritanya satu satu dan bukan hanya situs berita tapi situs situs lainya yang menyediakan update informasi.

2. Pengguna dapat menghemat bandwidth seperti yang telah saya tulis pada artikel saya sebelumnya yang berjudul “Memantau Update Blog Melalui Toolbar Bookmar di Mozilla” yaitu pengguna tidak perlu mengujungi satu persatu blog yang akan dibaca karena dengan Google Reader bisa dimunculkan hanya judul update blognya, bisa juga dengan tulisanya bahkan bisa dengan gambarnya tapi tentu saja iklan dan lain sebagainya tidak akan muncul di blog jadi lebih nyaman.

user dapat menghemat bandwith karena tampilan bisa disesuaikan hanya dengan huruf tanpa gambar, bisa diatur muncul judul saja.

Cara penggunaan :

Menyimpan Blog Pilihan di Google Reader

1. Login ke www.google.com/reader  dengan akun login gmail Anda.

2. Pada halaman akun Google Reader klik link / tombol subcribe. Contoh format url yang dimasukkan : yohansalman.com untuk blog yang dipasang pada domain utama atau yohansalman.blogspot.com untuk contoh format yang di host di blogger atau blog yang disimpan pada subdomain.Klik tombol Add.

Membuat Kategori Daftar Blog atau Website Pilihan

Jika satu atau dua blog yang dimasukkan mungkin tidak akan menjadi masalah pada saat mengaksesnya karena akan mudah ditampilkan, tapi jika puluhan atau ratusan blog atau website yang diikuti maka akan menjadi satu hal yang membuat bingung. Untuk mengatasinya dengan cara membuat kategori, misalnya kategori berita, teman, tutorial, dan lain sebagainya. Blog yohansalman.com juga bisa dikategorikan masuk ke blog tutorial atau blog teman. Berikut langkah untuk membuat kategori web atau blog favorit di Google Reader :

1. Klik pada icon segitiga kecil disebelah blog yang telah diikuti misalnya yohansalman.com lalu klik new folder.

Google Reader

2. Isi nama foldernya misalnya nama foldernya Blog Teman, maka secara otomatis blog yohansalman.com telah ditambahkan pada folder Blog Teman. Silahkan coba lagi memasukkan blog lain misalnya sutisna.com

Untuk membuat folder lain juga langkahnya seperti itu, satu blog dapat dipindahkan ke blog lain dengan cara didrag (geser tahan seperti memindahkan file pada windows explorer)

Jika satu blog misalnya yohansalman.com  mengadakan update maka link blog nya akan bercetak tebal seperti title email yang belum dibuka.

3 thoughts on “Memantau Update Blog-Blog Favorit dengan Google Reader”

  1. Selama ini saya menggunakan follow blog, yg biasanya otomatis ada di setiap blog blogger ketika kebetulan saya sedang login blogger. Baru saja saya buka google reader, ternyata blog yang saya ikuti itu sudah ada di sana.. hehehe.. Thankz buat informasinya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *