Langkah SEF Website Permalink di Joomla

Pada artikel saya yang ditulis beberapa waktu yang lalu dibahas tentang cara mengubah atau dengan kata lain mempermak url di situs berbasis wordpress. Ditulisan tersebut dibahas sekilas apa itu permalink. Pada tulisan kali ini dibahas tentang bagaimana cara mempermalink url pada CMS Joomla. Sebelum membahas kepada hal teknis tentang pengubahan url, supaya lebih bersemangat apa sebenarnya keuntungan cari permalink url dalam sebuah situs? Inti jawaban dari pertanyaan ini adalah pengubahan url dimaksudkan untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website melalui search engine. Mempermalink url merupakan salah satu langkah yang membuat mesin pencari seperti Google mudah “mengenali” website Anda, selain itu bagi pengunjung website juga sangat mudah untuk mengeja alamat lengkap url suatu halaman.Mempermalink alamat url website membuat friendly bagi pengunjung dan juga mesin pencari atau dengan istilah lain SEF (Search Engine Friendly). SEF merupakan salah satu satu langkah SEO (Search Engine Optimalization). Bisa dicari istilah lengkah kedua istilah SEO dan SEF di Google untuk mengetahui serta mempelajarinya. Penulis hanya menerangkan sekilas dan bukan ahli dalam bidang SEO, banyak master master SEO Indonesia yang lebih pakar.

Kembali lagi ke permalink sebuah website. Bagaimana contoh konkrit sebuah permalink dalam sebuah website? Mungkin akan muncul dibenak pembaca YohanSalman.com yang pertamakali “berkenalan” dengan yang namanaya Permalink. Contohnya seperti ini :

Sebelum di permalink pada situs berbasis wordpress :

http://yohansalman.com/?p=900

Sesudah dipermalink :

http://yohansalman.com/internet/situs-dan-blog/langkah-permalink-url-di-joomla/

Pada Situs situs yang menggunakan CMS Joomla contohnya :

http://mgtradio.com/index.php?option=com_content&view=article&id=435:cerebrofort-goes-to-school&catid=28:event-info&Itemid=44

Sesudah dipermalink akan menjadi

http://mgtradio.com/event-info/cerebrofort-goes-to-school.html

Bisa dilihat dari dua contoh di atas, dengan dipermalink pengunjung akan mudah mengenali kata pada alamat url yang sudah dipermalink. Untuk permalink di situs wordpress saya sudah membahasnya di artikel terdahulu. Sekarang saya menjelaskan hal teknis instlasi permalink disitus CMS Joomla. Berikut langkah-langkah mempermalink pada Joomla dengan menggunakan component joomla sh404SEF. :

1. Download  component joomla  sh404sef disini : Khusus Joomla 1.5 , Khusus untuk Joomla 1.6 dan 1.7 (untuk mengetahui versi Joomla yang sedang digunakan klik help di  menu bar administrator Anda dan disana  ada Joomla! Version).

2. Login pada Administrator Joomla lalu pada menu Extensions pilih install/Unistall lalu upload file component sh404SEF yang sudah didownload pada langkah pertama dan klik install.

3. Setelah terinstall pada sistem CMS Joomla, aktifkan component ini dengan cara pada menu component klik sh404SEF dan pilih control panel. Hingga terbuka halaman control panel sh404SEF.

Langkah-langkah permalink Joomla

4. Pada bagian kanan panel tersebut terdapat tab Quick Start pada opsi Enable URL optimization pilih Yes untuk mengaktifkan permalink dan No jika ingin menonaktifkan. Pada Rewriting mode pilih pilih Rewriting  with .htaccess (mod_rewrite) atau bisa juga yang lainya dan pada Activate security functions pilih Yes. Tekan save pada icon disket. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Langkah-langkah permalink pada Joomla

Silahkan dicoba direfresh pada bagian home website dan klik url yang ada, jika url nya sudah berubah menjadi SEF berarti berhasil. Untuk pengaturan lain pada control panel sh404SEF bisa dibaca dimanualnya atau pada tanda I (huruf I biru) untuk penjelasan tiap fitur. Jika masih ada pertanyaan seputar permalink pada joomla dengan sh404SEF silahkan isi form komentar dibawah ini.

 

 

2 thoughts on “Langkah SEF Website Permalink di Joomla”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *