Situs dan Blog

Mencegah Komentar Masuk dari Spammer pada WordPress

27 October 2011

Pernah mendengar Akismet ? Lha mau baca tutorial mencegah atau melawan komen yang tidak diinginkan kok malah ditanya? hehe . Maksudnya bertanya karena salah satu upaya penumpasan spamm itu dari sebuah plugin default alias plugin bawaan yang selalu ada setiapkali menginstall wordpress atau pendaftaran situs wordpress. Jika masuk dashboard atau halaman administrator wordpress untuk pertamakali setelah menginstallnya coba lihat di plugin, selalu ada dua plugin bawaan yaitu Akismet dan Hello Dolly.

Tutorial kali ini akan membahas plugin Akismet yang terbukti mampu menumpas spam walau tidak 100 persen, ada beberapa upaya lagi untuk meningkatkan pencegahan terhadap serangan spammer atau yang hobi menebar link dengan isinya iklan. Bagaimana cara mencegah komentar yang tidak diinginkan yang termasuk kategori spam ini ? Berikut langkah-langkah dari YohanSalman.com untuk mencegah komen spam :

1. Login ke halaman dashboard atau halaman administrator situs wordpress. Pada bagian Plugins, klik link installed plugin.

2. Pada bagian yang muncul pada halaman installed plugin dan pada pilihan inactive plugin pada wordpress yang baru saja diinstall akan selalu ada 2 plugin yaitu Akismet dan Hello Dolly. Klik Activate pada bagian bawah link Akisment hingga Akismet diaktifkan.

akismet and hello dolly

Gambar dibawah perbesaran pada bagian akismet untuk memperjelas.

aktivasi akismet

3. Setelah Akismet diaktivasi pada bagian Plugins akan ada menu baru yaitu Akismet Configuration. Klik menu tersbut hingga muncul halaman untuk memasukkan konfigurasi Akismet. Jika belum memiliki kode Akismet klik link Get Your Key,

4. maka Anda akan menuju halaman pendaftaran A kismet, klik pada pilihan yang gratis (Paket Personal) isi lengkah dengan benar data-datanya. Dan copy serta paste kan pada halaman form di Please Enter your API key pada halaman wordpress.

aktivasi akismet

5. Paste-kan kode dan klik upadte option. Jika benar maka akan tampil tampilan seperti ini :

Selesai, kode akismet bisa dipakai untuk beberapa situs. Keefektifan plugin akismet mampu menangkal untuk komentar spam yang dikirimkan oleh mesin atau bot yang dikirim beberapa komentar sampai ratusan komen dalam satu hari. Selain pesan dari bot spam ada juga yang dikirim oleh orang perorang secara manual yang kadang sering lolos, untuk menanggulangi spam seperti ini gunakan plugin komen by captcha dan blocking IP in comment. YohanSalman.com akan membahas tips mengurangi spam jenis ini.

apakah api key aksimet bisa di gunakan lebih dari 2 website ? Iya dapat digunakan lebih dari 2 bahkan semua situs wordpress yang dimiliki.

 

loading...

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply Agus Sudarmanto 1 November 2012 at 09:26

    Terima kasih infonya , dan sudah saya aktifkan akismetnya

  • Reply Anisha 3 January 2017 at 08:45

    Holy Toleod, so glad I clicked on this site first!

  • Reply kredit eu 13 February 2017 at 00:24

    That's entirely possible.I'm just not sure because luxury tax implications are calculated when the deal is signed, and there don't seem to be any provisions in the CBA allowing for recalculations of prior years based on changes in the CBA. Maybe that's just assumed. I don't know.From a Yankees standpoint, I'm hoping the contract isn't recalculated with the new CBA, as $4.6M would be much easier to swallow if he opts out and they still try to get under $189M for 2014.

  • Leave a Reply