Mencegah Spam Pada Blog Berbasis WordPress dengan Plugin Akismet

Puluhan, ratusan bahkan mungkin ribuan komen spam bisa saja menyerang blog blog yang berbasis wordpress, jika punya akun di wordpress.com itu sudah di tangani atau terpasang anti spam otomatis. Namun bagi yang mempunyai domain dengan menggunakan engine wordpress merupakan suatu keharusan untuk mengaktifkan plugin akismet yang sering di terabaikan.

Spam tidak akan capai walau kita hapus pesanya atau kita moderasi pesanya dan hapus semua, karena para spammer menggunakan mesin ato script otomatis khusus untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu pemakai engine wordpress juga harus punya script otomatis untuk menangkalnya. salah satunya Akismet.

Cara Instalasisnya mudah. (bahkan sudah terinstall) biasanya dua plugin yang sudah terinstall pada saat kita menginstall wordpress adalah akismet dan hello dolly. Nah yang akismet ini yang sangat powerful. Untuk melihat apakah akismet ada atau belum terinstall pada engine wordpress blog kita caranya klik menu plugin dan pastikan activate akismet tersebut. Selanjutnya di bagian plugin akan ada sub menu Akismet Configuration seperti nampak pada gambar di bawah ini :

Klik menu Akismet Configuration dan akan muncul kolom isian kode akismet :

Jika belum pernah mendapatkan kode akismet tinggal klik Get Your Key atau link http://akismet.com/get/  dan mendaftar disana, setelah mendatkan kode tersebut masukkan kodenya ke kolom pada gambar diatas, lalu centang Auto-delete spam submitted on post more than a month old. (untuk menghapus otomatis spam yang masuk dalam satu bulan) lalu klik tombol update option. Dan warna yang kecoklatan akan berubah menjadi hijau dan akan muncul Your key has been verified. Happy blogging! berarti itu berhasil. Langsung di sambil dipraktekan untuk mempermudah mengikuti langkah langkah ini. Semoga bermanfaat. .

6 thoughts on “Mencegah Spam Pada Blog Berbasis WordPress dengan Plugin Akismet”

  1. Sekarang berbayar ya?? saya klik get askimet tapi kok ada 3 pilihan. semuanya suruh bayar.. gimana mas??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *