Mengatur Pembatasan Pemberi Komentar Blogger

Kotak komentar pada sebuah blog mempunyai fungsi penting, bukan hanya sebagai jejak pengujung saja. Kotak komentar pada sebuah blog bisa berfungsi sebagai alat apresiasi terhadap tulisan, masukkan, saran, dan fungsi lainya. Dengan adanya kotak komentar blog menjadi lebih interaktif.

Namun fungsi-fungsi yang saya sebutkan diatas kadang terganggun oleh pengemis trafik alias spammer untuk melakukan tebar link. Oleh karena itu Blogger akhirnya menambahkan pilihan komentar untuk keamanan dan privacy. Pengaturan untuk pemberi komentar bisa dibatasi hanya member atau kontributor blog saya, pemilik akun Google/Blogger saja, Akun Open ID / WordPress dan Media Blog lainya atau bisa lebih terbuka lagi dengan tanpa nama dan URL saja.

Untuk mengatur pembatasan pemberi komentar pada Blogger, berikut langkah-langkahnya :

1. Login ke akun Blogger dan Pilih Blog yang akan di ubah.

2. Pada Tab Menu Settings pilih Comments

3. Di pilihan Who Can Comment? centang pembatasan komentar.

Jika memilih berarti semua pengunjung Blog dapat memberikan komentar termasuk tanpa email dan URL. Pengaturan ini lebih terbuka dan memberi pilihan banyak pada pengunjung untuk menentukan akun mana yang akan dipakai pada saat memberikan komentar. Namun kadang kebaikan ini dimanfaatkan oleh para “penebar link”  untuk menebar blog atau situsnya.

Jika memilih berarti terbatas pada pemilik akun blogger atau  pemilik akun media blogger terkenal lainya seperti wordpress, typad dan openID yang dapat memberikan komentar pada Blog. Secara default Blogspot mengatur pada posisi ini.

Jika memilih artinya hanya pemilik akun Google dan Blogger saja. Hal ini menyulitkan bagi Blogger yang tidak memiliki akun di Google untuk memerikan komentar.

Only members of this blog pemilihan pada tipe ini yang paling terbatas. Hanya pemilik blog dan anggota blog saja yang dapat memberikan komentar. Di luar dari pemilik dan anggota blog tidak dapat memberikan komentar. Tipe ini mungkin cocok untuk blog komunitas yang tertutup.

Mengatur Pembatasan Komentator Blogspot

Setelah selesai menentukan pengaturan yang berhak memberikan komentar lalu klik Save Settings. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk rekan-rekan pengunjung Blog YohanSalman.com

6 thoughts on “Mengatur Pembatasan Pemberi Komentar Blogger”

      1. tJika memilih Registered Users – includes OpenID berarti terbatas pada pemilik akun blogger atau pemilik akun media blogger terkenal lainya seperti wordpress, typad dan openID yang dapat memberikan komentar pada Blog. Secara default Blogspot mengatur pada posisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *