Mengganti Subdomain Blogspot dengan Domain dot ID

Ngeblog dengan blogspot memang sangat mudah, tidak memerlukan pemahamafan bahasa pemrograman tingkat lanjut ataupun keahlian di bidang IT yang tinggi. Dengan bermodal niat untuk berbagi dan juga tentu saja akses internet dan kemauan untuk menulis,  kini ide, gagasan, pengalaman dan juga ilmu bisa dibagi secara cepat ke penjuru dunia dalam hitungan detik. Selain itu keuntungan ngeblog di blogspot atau blogger.com, tidak memerlukan biaya tambahan untuk hosting dan juga biaya untuk domain name. Hosting sudah diberikan secara cuma-cuma dengan tanpa “dikotori” oleh iklan-iklan pada halaman blog yang diposting. Keuntungan lainya yaitu pilihan templates yang disediakan juga widget-widget lain untuk mempercantik blog.

Namun ada beberapa kekurangan dengan hosting di blogspot. Kekurangan yang umum adalah nama subdomainnya yang terlalu panjang dengan “diembeli” dot blogspot dot com dibelakang nama blog kita. Untuk menyikapinya banyak yang pakai subdomain .co.cc dengan redirect, namun kekurangan redirect adalah tetap nama domain .blogspot setelah pengunjung menuliskan namablog.co.cc. Solusinya yaitu dengan mengarahkan Host blogspot ke domain kita. Pada tulisan kali ini dibahas tentang mengarahkan blog yang dihost di blogspot pada domain ID (Indonesia) seperti .web.id, co.id, or.id, sch.id, dan domain id lainya.

Langkah-langkahnya :

Sebelum memulai langkah-langkah dibawah ini pastikan domain .id dan hosting dengan cpanel, untuk hosting bisa mendapatkan hosting gratisan dan hanya akan digunakan untuk mengarahkan CNAME saja, hampir tidak akan dipergunakan space hostingnya. Anda dapat mendapatkan membeli  nama domain .id pada web penjualan domain contohnya di indowebstar.com, untuk setiap pembelian domain biasanya dapat bonus 20 MB hosting dengan cpanel, jadi sangat direkomendasikan membeli domain disana.

A. Pengaturan di Blogger.com :

1. Login ke  akun blogger aka blogspot Anda. (Untuk menyamakan tutorial ini pastikan setting ke versi English – US).  Pada blog yang ingin diganti nama domainya klik tab setting dan klik sub-tab publishing.

2. Pada halaman publishing  klik  Switch to: •  Custom Domain, jika di halaman custom domain hanya disediakan .com, .net, .org dan .info klik link Already own a domain?  Switch to advanced settings

Ubah Subdomain Blogspot menjadi Domain Id

3. Pada Your Domain masukkan nama domain misalnya : www.yohan.web.id pada Use a missing files host? pilih yes dan masukkan www saja. Masukkan verification code dan klik Save setings.

Sudah selesaikankah ? Belum, langkah selanjutnya adalah setting NS pada domain yang dibeli dan setting Cname pada hostingan Cpanel.

B. Pengaturan pada Cpanel :

1. Login ke Cpanel Hosting

2. Pada bagian domains klik Advanced DNS Zone Editor pilih nama domain yang akan diarahkan ke blogspot. Pada contoh di atas adalah yohan.web.id lalu pada bagian Add a Record bagian kolom name,  masukkan nama domain www.namadomain.id contoh: www.yohan.web.id. Pada bagian TTL: 14400 Type : CNAME pada bagian address  : ghs.google.com. Klik tombol Add Record. Lihat contoh gambar dibawah ini :

Mengubah DNS Zone Cname di Cpanel

C. Pengaturan Pada Domain Panel Domain ID :

1. Login pada akun panel domain ID

2. Pada domain list klik domain yang akan diubah name servernya. Klik Change Name Server dan masukkan Name Servernya, misalnya jika hosting di indowebstar masukkan NS1. indowebstar.com dan NS2.indowebstar.com klik tombol confirm.

Langkah-langkah di atas lebih baik di urut dari abjad C lalu ke B lalu ke A, saya sengaja membuat urutan terbalik dari blogger terlebih dahulu. Jika Anda membeli paket hosting di indowebstar.com pengaturan B dan C bisa dilakukan oleh customer service dari indowebstar.com, yang Anda perlukan adalah melakukan langkah di langkah A dan langkah B dan C bisa dilakukan oleh pihak penyedia domain hosting. Selamat mencoba untuk mempersingkat nama blog anda dengan domain id yang lebih singkat.

10 thoughts on “Mengganti Subdomain Blogspot dengan Domain dot ID”

  1. Mengganti Subdomain Blogspot dengan Domain dot ID itu melanggar TOS nggak sih jangan-jangan ntar kena suspend om.
    maaf nih soalnya masih newbie banget.

  2. he..he..ini yang dicari. terima kasih telah disharing. saat ini saya lagi dimintai tolong bikin blog dengan domain or.id. ternyata .id beda dengan .org. bingung nggak ketulungan (soalnya malu sama yang minta tolong). tutorial ini bener2 mencerahkan.

  3. After looking into a few of the blog articles on your site, I truly like
    your technique of blogging. I saved it to my bookmark webpage list
    and will be checking back in the near future. Please visit my website as well and tell me your opinion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *