Plugin Plugin yang Dipakai Pada Blog WordPressku

Sekedar berbagi ilmu dan juga menepati janji saya ke teman untuk membuat postingan  tentang plugin-plugin yang dipakai  di blog ini. Beberapa plugin wordpress yang digunakan disini yang terpakai dan  sedang aktif. Untuk plugin yang tidak aktif tidak akan saya nasukkan dalam daftar plugin yang digunanakn kecuali jika plugin itu sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Berikut adalah daftar plugin wordpress beserta fungsinya :

1. Akismet , sebuah plugin yang saat instalasi wordpress selalu ada bersama Hello Dolly. Plugin Akismet berfungsi untuk membasmi komen spam.

2. All in One SEO Pack, sebuah plugin yang berfungsi untuk mengoptimalisasi halaman  postingan dengan menambahkan meta tag, meta description dan title serta fungsi “ke-SEO-an” lainya.

3. Google XML Sitemap, plugin yang digunakan untuk membuat peta yang memudahkan bagi mesin pencari meng-crawl isi blog. Saya telah membahas sekilas tentang Google Sitemap jika mengalami Error.

4. W3 Total Cache, plugin untuk meningkatkan performance halaman blog sehingga meringkankan server, mempercepat akses ke blog dan berpengaruh ke SEO.

5. Fast Secure Contact Box, plugin sebagai kontak ke admin dengan fitur kotak tambahan dan opsi lain yang lebih fleksibel.

6. Mobilepress, plugin untuk memudahkan pengunjung yang memakai internet mobile seperti smartphone dan perangkat lainya untuk mengakses blog dengan tampilan halaman khusus yang lebih ringan untuk diakses.

7. My FTP, plugin untuk mempermudah upload, download atau bahkan edit html tanpa harus membuka software FTP atau membuka Control Panel.

8. TinyMCE Advanced, sebuah editor yang memperkaya button editor bawaan wordpress. Banyak button yang bermanfaat yang dapat ditambahkan seperti jenis huruf, emoticon, quotes dan puluhan button lainya.

9. Yet Another Related Posts Plugin, plugin untuk menambahkan beberapa posting terkait pada halaman di tiap tulisan.

10. wp-insert, plugin yang ini terkait dengan iklan. Fungsinya untuk mempermudah menambahkan skrip iklan yang akan ditempatkan sesuai dengan pengaturan.

11. WP-PostRatings, plugin untuk menambahkan rating di tiap post.

12. WP-PostViews, plugin untuk menambahkan fitur jumlah dilihat di bagian bawah atau atas tiap postingan.

13. WordPress Popular Posts, dari nama pluginya sudah bisa diterka. Plugin ini dapat menambahkan widget untuk post terpopuler dengan menambahkan kriteria dan jangka waktu tertentu.

14. Viper’s Video Quicktags, menambahkan button khusus di editor untuk mempermudah embed video dari penyedia web video seperti youtube, vimeo dan yang lainya.

15. Stealth Login, mengganti URL login yang biasanya /wp-admin menjadi URL yang diinginkan misalnya /masuk. Berhati-hati menggunakan plugin ini karena jika salah pengaturan bisa bisa tidak bisa masuk halaman admin.

16. AddToAny: Share/Bookmark/Email Buttons, menambahkan button untuk share konten ke jejaring sosial.

17. FeedBurner Form, form untuk berlangganan artikel melalui media feedburner Google.

18. Pretty Link Lite, pemendek URL untuk keperluan tertentu seperti mempermudah me link ke url yang panjang, menyingkat url program afiliasi dan lainya.

19. HTML Javascript Adder, berfungsi untuk widget penambah kode HTML yang biasanya untuk script iklan yang tidak support dengan widget text yang sudah terinstall pada wordpress.

20. Brokerage.Linkagage.com, Backlinks.com, as2links dan plugin lainya. Ini digunakan tidak untuk umum. Plugin yang khusus program afiliasi backlink.

Plugin-plugin lainya tidak aktif atau belum aktif karena dipergunakan sesuai dengan keperluan.

One thought on “Plugin Plugin yang Dipakai Pada Blog WordPressku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *