10 Antivirus Gratis Pilihan 2012 Part-1

Awal tahun 2012 tercatat banyak serangan malware, virus dan program jahat lainya dengan penampakan terbanyak sebagai kartu ucapan selamat tahun baru atau terkait tahun 2012. Penyebaran ini melalalui laman web, file download bahkan halaman fans page, apps facebook.

Menghindari penyebaran virus ini dengan memutuskan jaringan internet atau tidak melalakukan pertukaran data melalui flashdisk, bluetooth atau kabel jaringan bukanlah solusi. Salah satu solusinya adalah memasang antivirus. Layaknya di dunia manusia, di dunia online juga memerlukan pengaman.

Pertanyaan yang mungkin mengemuka adalah bagaimana mendapatkan antivirus? Satu hal lain yaitu biaya yang harus dikeluarkan untuk antivirus dan lain sebagainya.

Banyak perusahaan pembuat antivirus memberikan layanan antivirus gratis . Pada  saya sebelumnya dibahas mengenai program antivirus Avira yang merupakan salah satu aplikasi antivirus gratis. Pada tulisan kali ini saya akan menuliskan 10 Antivirus Gratis yang paling banyak digunakan di dunia. Urutan angka pada tulisan saya bukan berdasarkan jumlah pengguna ataupun tingkat kualitas antivirus. Pengurutan disini berdasarkan pengalaman pengguna menggunakan beberapa program anvirus. Berikut daftar program antivirus gratis untuk operating system windows :

1. AVG Free Antivirus 2012.

Program antivirus Avira 2012 sudah sejak lama dikenal pengguna komputer di Indonesia.  AVG Antivirus memiliki dua opsi penggunaan, yaitu versi yang free atau gratis. Antivirus ini sudah lebih dari 10 tahun memberikan layanan antivirus secara gratis.

Ukuran file instalasinya sekitar 52 MB. Keunggulan dari AVG Antivirus yaitu fitur-fiturnya yang lengkap seperti scan cepat, scan url web hasil pencarian mesin pencari, perlindungan email, Anti-rootkit dan sampai penganalisis komputer.

2. Avira Free Antivirus.

Program antivirus yang bergambar payung merah ini salah satu software antivirus yang paling banyak digunakan di Indonesia. Antivirus Avira memiliki banyak pengaturan untuk versi gratisnya. Pengguna Antivirus Avira dapat mengatur pengaturan Update Antivirusnya secara online ataupun offline. Proses scan file juga tergolong cepat dan akurat.

3. Avast Free Antivirus 6.0.1367.

Tampilan Avast Antivirus tebaru memiliki tampilan menu fitur yang sangat user friendly yang mampu mengemas fitur-fitur yang banyak. Beberapa fitur dari Avast Antivirus yaitu modul multiple scan, perlindungan email yang real-time, perlindungan akses web, Peer-to-Peer, instant messanging, dan pemonitor skrip. Antivirus Avast juga dilengkapi dengan plugin untuk perlindungan saat browsing dengan menandai reputasi sebuah situs.

4. Ad-Aware Free Antivirus 4.6

Sederhana dan simpel tampilan program antivirus Ad-Aware Free Antivirus 4.6 ini. Fitur-fitur yang ada program antivirus ini seperti scan, update. Antivirus Ad-Aware Free Antivirus 4.6 versi gratis memiliki fitur yang kurang dibanding Avira, AVG atau Avast. Kekuranganya antivirus ini diantaranya tidak ada fitur scan browsing, email, dan anti-rootkit. Selain fitur yang miskin, antivirus ini menyebabkan beberapa aplikasi seperti Mozilla Firefox dan Outlook.

5. Comodo Antivirus 5.9.2

Mendengar  namanya sama dengan nama sebuah pulau di negara kita. Dibandingkan dengan AVG,  Comodo Antivirus 5.9.2 memiliki banyak kekuarangan. Beberapa kekurangan Comodo Antivirus 5.9.2 diantaranya sering muncul notifikasi saat merunning program-program yang mudah dikenali seperti program Apple’s QuickTime.

One thought on “10 Antivirus Gratis Pilihan 2012 Part-1”

  1. ini dia yang saya bingung.. setelah saya pasang avast.. ko tiba2 program2 (yg dulunya pada jalan), sekarang tiba2 pada ngambek gak ada yang mau kebuka (jalan) mas ya?!? ada gerangan apakah?!?!

    any idea? bingung.. 🙁

    terimakasih jika sudah ada jawabnya lalu mengabari ke tampat saya mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *