Cara Memasang DNS Nawala Pada Modem TP-Link

Artikel ini merupakan jawaban dari beberapa pengunjung blog ini yang bertanya bagamana cara melakukan pemblokiran situs-situs tidak sehat yang disetting di modem TP Link?

Pada artikel saya terdahulu membahas tentang Cara Blokir Situs Tidak Sehat dengan DNS Nawala.  Pada artikel tersebut dibahas apa itu DNS Nawala dan alurnya. Pemasangan DNS Nawala pada artikel tersebut dipasang per komputer artinya situs yang terblokir hanya pada komputer tersebut, juga kelemahanya pengguna masih tetap dapat mengubah entri DNS.

Pada artikel saya kali ini pemasangan DNS Nawala dipasang pada modem (TP Link) sehingga user yang tidak tahu password admin modem tidak akan dapat entri DNS. Berikut adalah langkah-langkah setting DNS Nawala pada modem TP Link :

1. Buka localhost modem di browser dengan mengetikkan : http://192.168.1.1/ nomor link ini mungkin berbeda bergantung pengaturan modem anda oleh administrator, untuk mengecek link localhost modem caranya klik Run lalu masukkkan CMD dan enter, pada CMD ketik ipconfig disana akan ada tulisan default gateway :

2. Jika link localhost modem benar akan muncul masukkan username dan password, secara default usernamenya adalah admin dan passwordnya admin.

3. Klik Menu Interface Setup dan klik sub-menu LAN. Pada bagian bawah halamana tersebut ada opsi DNS Relay, pilih User user discovered DNS Server Only. Pada Primary DNS Server masukkan nomor DNS 180.131.144.144 dan pada Secondary DNS Server masukkan DNS 180.131.145.145. Tekan save. Pastikan password diganti supaya aman dari pengubahan.

Pemasangan DNS Nawala Pada Modem TP Link

4. Matikan modem selama 10 menit dan nyalakan kembali. Uji penggunaanya dengan mengunjugi url yang diblokir, jika masuk bisa lolos berarti Anda perlu merestart komputer terlebih dahulu atau bisa juga dengan menghilangkan cookies cache computer.

Semoga bermanfaat dan membantu.

 

One thought on “Cara Memasang DNS Nawala Pada Modem TP-Link”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *