Jubler : Software Editor Subtitle Film

Subtitle atau tulisan narasi dialog yang ada pada film kadang sangat diperlukan dalam mencerna alur cerita film yang menggunakan bahasa asing yang tidak dipahami.  Keberadaan subtitle juga sangat membantu bagi penonton film namun memiliki keterbatasan pendengaran ataupun tidak memiliki speaker pada komputer atau laptopnya. Selain hal-hal yang saya sebutkan diatas, subtitle juga dapat membantu peningkatan pembelajaran bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Biasanya saya menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk film berbahasa Inggris untuk lebih mencerna percakapan atau narasi pada film berbahasa Inggris.

Editor pada film dapat disisipi dan menyatu dengan file film atau dapat pula dibuat file terpisah. Jika terpisah nama file subtitle dan nama file film harus sama saat diputar juga harus dalam satu folder. Format file yang digunakan oleh file teks subtitle menggunakan format yang berakhiran dengan .srt, .sub,  .txt, . ssa dan beberapa format lain. Format file yang saya sebutkan dapat di edit menggunakan notepad ataupun notepad++ dan subtitle dari bahasa asing dapat diubah.

Selain dengan notepad dan notepada++, ada software lain yang bernama jubler yang memang secara khusus dibuat oleh pengembangnya untuk mengedit subtitle. Jubler merupakan software opensource, sehingga dapat diunduh dan dipergunakan secara gratis.

Jubler memiliki kemampuan untuk mengedit per rentang waktu, menerjemahkan, menandai, menambahkan dan mengurangi rentang waktu tiap ujaran di dalam subtitle. Selain itu dapat menyimpan jenis format yang beragam selain .srt, .sub .txt dan .ssa.

DOWNLOAD JUBLER.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *