Memanfaatkan Penggunaan Sticky Notes pada Windows7

Sticky Notes pada windows7 sangat bermanfaat, aplikasi ringat bawaan windows7 ini sangat bermanfaat sebagai  penyimpan catatan tertentu, pengingat apa yang akan dilakukan, bahkan bisa jadi daftar belanjaan :D. Mungkin bagi sebagian orang aplikasi kecil bawaan windows 7 ini tidak pernah digunakan bahkan sangat mungkin tidak pernah diklik samasekali.

sticky notes

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan dan juga modif sticky notes :

Membuka sticky notes :

Klik tombol Start lalu klik logo sticky notes. Cara kedua klik tombol start lalu pada kolom  search program and files ketik sticky dan tekan enter.

 Mengganti Background Sticky Notes :

Umumnya secara bawaan setelah instalasi windows 7 selesai, warna aplikasi sticky notes berwarna kuning. Untuk mengubah-ubah warna sticky notes yaitu dengan cara klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian pilih warna yang diinginkan.

 Menambah Jumlah Jendela Sticky Notes :

Kadang catatan pengingat tugas ada beberapa kategori. Misalnya daftar pekerjaan yang harus dikerjakan (to do list) ngampus dan ngantor. Mungkin akan dibuat dua sticky notes atau lebih dengan warna yang berbeda-beda untuk tiap notes nya. Untuk menambah jumlah catatanya dengan cara mengklik tanda plus “+” pada aplikasi aplikasi tersebut.

 Menutup Sticky Notes :

Berbeda dengan aplikasi lain di Windows 7, pada sticky notes untuk menutup aplikasi ini tidak dengan mengklik tanda “X”. Karena mengklik tanda “X” berarti menghapus tulisan pada sticky notes yang telah dibuat. Cara menutup Sticky Notes yaitu dengan cara mengklik kanan icon aplikasi ini di taskbar (taskbar terletak pada bagian bawah) layar monitor, lalu klik close window.

Beberapa perintah short-cut yang mungkin berguna dalam menuliskan catatan kecil.Untuk mengeditnya sorot karakter huruf yang ada pada sticky notes lalu tekan kombinasi tombol dibawah ini.

Mengedit tulisan yang ada pada Sticky Notes :

Pada sticky notes tidak disediakan editor untuk mengedit cetak tebal, cetak miring, ukuran huruf dan lainya. Untuk mengeditnya Anda dapat menggunakan kombinasi tombol. Misalnya untuk cetak tebal tekan tombol Ctrl+B, cetak miring Ctrl+I, memperbesar huruf Ctrl+Shift+> dan lain sebagainya.

3 thoughts on “Memanfaatkan Penggunaan Sticky Notes pada Windows7”

  1. Nah iya juga, itu note jarang digunakan… 😀
    *nice sharing… 🙂
    Kalau buat agenda di halaman depan bisa ga kang? Jadi ada semacam daftar yang harus kita kerjakan dan terlihat di desktop per deadline nya… 🙂

  2. Sticky notes saya terhapus secara tidak sengaja oleh adik kecil ku, gimana ya cara ngembaliin notes notes nya ?????

    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *