Burning CD DVD

4 Software Gratis Alternatif Nero untuk Burn CD / DVD

Nero Burning ROM sangat terkenal sebagai software untuk membakar CD atau DVD. Istilah untuk membakar mungkin lebih tepat kaitanya dengan api hehe, tapi memang benar padanan kata burn di Wikpedia terkait dengan burn. Karena cinta negara Indonesia akhirnya mari kita gunakan kata bakar. Lha kok jadi membahas bahasa ya hehe. Mari kita kembali ke topik. Topik yang saya tulis di tulisan ini yaitu 5 software gratis (freeware) sebagai pengganti Nero Burning ROM yang tidak gratis dan juga lebih ringan.

Sebenarnya masih ada freeware dari Nero yang masih gratis yaitu Nero Burning Lite. Software ini merupakan freeware. Namun jika Anda ingin mencoba alternatif  freeware lainya yang mempunya fungsi yang sama dengan Nero Burning ROM untuk membakar CD / DVD berikut 5 daftar freeware beserta sekilas ulasanya :

1. Infrarecorder

Infrarecorder merupakan software pembakar CD / DVD yang paling ringan ukuran file mentahanya. Ukuranya sekitar 3.90 MB. Saya juga menggunakan Infrarecorder sebagai software untuk burning CD / DVD. Infrarecorder memiliki fitur dan kemampuan yang bagus. Beberapa fitur dan fungsinya yaitu membakar CD / DVD, menghapus isi CDRW / DVDRW, membuat file iso, menyalin CD/DVD serta membuat CD Audio. Download Infrarecorder.

2. ImgBurn

ImgBurn merupakan software pembakar CD / DVD yang memiliki fitur yang sangat lengkap untuk ukuran freeware. Tidak seperti nama softwarenya, aplikasi ini bukan hanya mempunyai kemampuan untuk burning atau membakar CD / DVD saja, ImgBurn mempunyai fitur dan kemampuan lain dalam membuat file image, membaca file image dan membakarnya ke CD. Seperti dengan Infrarecorder aplikasi ini memiliki ukuran file yang ringan. Ukuranya sekitar 5 MB-an. Download ImgBurn.

3.  CDBurnerXP

CDBurnerXP merupakan salah satu freeware pilihan pengguna selain Infrarecorder dan ImgBurn. Fitur-fitur dan kemampuan unggulan CDBurnerXP ini yaitu : CDBurnerXP merupakan salah satu freeware pilihan pengguna selain Infrarecorder dan ImgBurn. Fitur-fitur dan kemampuan unggulan CDBurnerXP ini yaitu : Membakar semua jenis disk, membuat CD Audio, membuat dan membakar file ISO, membuat bootable CD, mengubah berkas berformat .nrg ke format iso. Selain fitur-fitur yang disebutkan ada tambahan fitur pilihan bahasa dengan dukungan lebih dari 20 bahasa. Ukuran file CDBurnerXP sekitar 5.06 MB. Download CDBurnerXP.

4. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo, dilihat dari namanya seperti pencuci rambut alias shampoo hehe. Tapi ini bukanlah produk alat mandi, sampai sampai di slogan homepagenya muncul “we make software”. Mungkin mereka menegaskan “kami bikin software lho, bukan sabun mandi” hehehe. Lanjut lagi ke Ashampoo Burning Studio merupakan software burning CD / DVD freeware untuk versi 6. Untuk versi 7 ke atas shampoo Burning Studio merupakan versi berbayar. Mungkin saat ini shampoo Burning Studio sudah banyak pengguna jadi developernya mengkomersilkan software ini. Namun tenang saja masih ada shampoo Burning Studio gratis yaitu versi 6 dengan fitur dan kemampuan yang hampir setara dengan versi berbayar. Ukuran file Ashampoo Burning Studio sekitar 16,38 MB. Download Ashampoo Burning Studio.

Ashampoo Burning Studio

Semoga link download software gratis alternatif Nero untuk burn CD / DVD serta ulasanya bermanfaat.



One thought on “4 Software Gratis Alternatif Nero untuk Burn CD / DVD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>