Category Archives: Review Website

Website Website yang Unik dan Menarik

cpanel.idhostinger

Webhosting Gratis dengan Fitur Lengap dan Stabil

Webhosting gratis dengan fitur lengkap dan stabil merupakan idaman para webmaster yang pertamakali menggeluti dunia web namun minim dana buat masa coba-coba. Webhosting gratis menjadi solusi bagi pembuatan website dengan modal nol rupiah.

Pengalaman penulis Blog ini dulu pertamakali tertarik dunia web tidak langsung menyewa webhosting berbayar dalam ataupun luar negeri. Saya lebih memilih beberapa webhosting luar negeri gratis. Waktu itu pertamakali mengonlinekan halaman-halaman website di Geocities (anak perusahaan free hosting yahoo yang sudah tutup 3 tahun yang lalu). Selanjutnya mencoba hosting gratisan di penyedia webhosting lainya. Diantara beberapa webhosting tersebut masih banyak yang minim fitur dan hanya menyediakan webbuilder instant tanpa membolehkan page php buatan sendiri. Namun dengan adanya persaingan antara penyedia webhosting, sekarang layanan webhosting gratis memiliki fitur yang premium. Fitur-fitur ini seperti space yang lebih besar dan disertai Cpanel dan pengaturan database sendiri.

Kali ini yang akan saya review adalah layanan hosting gratis yang berserver lokal. Mengapa memilik server lokal? Alasanya karena lebih cepat diakses oleh pengakses dalam negeri. Layanan yang saya review adalah IDHostinger. Perusahaan free hosting dalam negeri ini menawarkan fitur yang lengkap seperti space dan bandwidth yang besar, pengaturan domain subdomain, email, database, FTP dan file manager. Fitur-fitur ini merupakan fitur yang umumnya dimiliki oleh layanan hosting premium atau berbayar.

Tampilan Cpanel Idhostinger

Keuntungan yang didapat dari IDhostinger adalah pengguna dapat mengupgrade akunya ke versi premium hanya dengan mereferensikan ke tiga orang pengguna menjadi pengguna aktif. Bahkan selain dapat bonus upgrade ke versi premium, pengguna IDhosting dapat mendapatkan bonus-bonus lainya bergantung jumlah refferal aktifnya. Hadiah-hadiahnya mulai dari upgrade hosting, domain .com gratis, flashdisk 4 GB hingga Tablet PC ber-OS Android.

Menarik kan? Sudah dapat gratis hosting, pengguna IdHostinger dapat free stuff lainya.  Silahkan mendaftar idHostinger DISINI.

Partai Terbersih
Logo Pinterest

Cara Mendaftar Pinterest

Pinterest dari susunan katanya seperti sebuah kata dalam bahasa Indonesia, yaitu kata “pinter” dengan akhiran comparative “est” dalam bahasa inggris, terpinter hehe…

Apa itu pinterest? Pinterest merupakan sebuah situs social bookmarking gambar dengan “cita rasa mading” atau papan bulletin. Situs ini berbeda dengan blog yang menjadi media ekspresinya berupa tulisan dengan disertai media lain seperti gambar atau video. Berbeda pula dengan youtube yang menjadi media ekspresinya berupa video. Berbeda pula dengan facebook atau twitter yang menonjolkan “kata-kata galau atau narsis” hehe… Situs pinterest memberikan “board” atau papan tempel bagi anggota websitenya. Setiap anggota dapat menempelkan gambar atau “kertas tempel” seperti di mading kelas. Pinterest lebih mirip ke Tumblr namun lebih mengkhususkan ke aktivitas tempel-tempel gambar berdasarkan kategori-kategori tertentu. Semua bisa diungkapkan atau Anda juga dapat melihat-lihat karya “mading” warga pinterest dan teman-teman Anda yang sudah menjadi anggota pinterest.

Pinterest saat ini menerapkan sistem keanggotan undangan. Artinya semua orang yang ingin bergabung dipinterest tidak langsung jadi dan punya akun disana. Mungkin si terpinter ini sedikit kewalahan dengan jumlah anggotanya yang kiat hari kian membludak sejak situs ini di luncurkan pada akhir tahun 2009. Saat ini situs pinterest mengarah pada “menandai” atau “mempin” konten-konten terutama gambar.

Mendaftar di pinterest harus melalui undangan, caranya yaitu dengan memasukkan alamat email dan klik tombol request an invite. Tunggu beberapa jam hinggu hari untuk permintaan gabung dalam keanggotaan. Tim pinterest akan mengirimkan link beberapa jam setelah pendaftaran. Klik pada link verifikasi tersebut selanjutnya isi form yang disediakan.

Pinterest

Beberapa istilah yang digunakan di situs jejaring sosial gambar pinterest :

Pin : Sebuah gambar yang ditempel pada “mading” di pinterest.
Pinning: kegiatan menempel sebuah gambar di “mading” pinterest.
Pinner : Orang yang melakukan penempelan atau tempel ulang gambar.
Pin It Button : Tombol tempel yang dapat dipasang di blog atau website.
Repin : Tempel ulang dari gambar yang sudah ditempel orang lain.
Board : Kumpulan tempelan yang dikategorikan berdasarkan kategori.
Follow : Berlangganan atau mengikuti sebuah “mading” anggota pembuat “mading”.
Commenting : berkomentar terhadap sebuah “mading”, nah jika di mading nyata hal ini dilarang disini bebas hehe…
like : menyukai postingan yang ditempelkan.

Karena sistem keanggotaan yang masih menggunakan sistem invite, maka bagi para pembaca YohanSalman.com yang ingin mendapatkan invite langsung dapat berkomentar di bawah ini dengan mencantumkan alamat emailnya.

Pendaftaran dari Link Undangan.

1. Setelah mendapatkan link undangan dari teman yang sudah bergabung dengan Pinterest, klik link tersebut. Lalu akan muncul link verifikasi ke akun Facebook dan Twitter. Misalnya kita pilih facebook, selanjutnya klik next.

2. Isi form username dengan username yang tersedia, lalu isi alamat email dan password klik create account.

Mendaftar Pinterest

2. Pada halaman selanjutnya pilih topik yang menjadi menarik minat Anda. Anda dapat memilih beberapa topik dengan mengklik gambar-gambar yang tersedia.

Mendaftar Pinterest

3. Langkah selanjutnya yaitu memfollow daftar yang direkomendasikan oleh Pinterest dan atau memunfollow daftar teman yang sudah bergabung.

4. Selanjutnya Buat topik-topik di Papan Mading Anda, gantilah nama-nama topik yang sudah tersedia sebelumnya.

Mendaftar Pinterest

5. Setelah selesai dibuat maka Anda sudah dapat memulai untuk pinning.

Selamat mencoba layanan pinterest. Semoga tambah pinter hehe…

Partai Terbersih

Mengetahui Peringkat Website dengan Alexa

Alexa.com merupakan sebuah website yang memiliki fitur untuk mengetahui peringkat sebuah website. Urutan ini akan diupdate secara berkala sehingga urutan sebuah domain website akan berubah setiap hari. Misalnya jika minggu lalu website yohansalman.com berada pada peringkat ke 371.989 di seluruh dunia dan urutan ke 6 ribuan untuk peringkat di Indonesia, sedangkan hari ini berada pada urutan ke-363.275 dalam uratan dunia (Global Rank) dan 5.734 untuk urutan di Indonesia. Semakin banyak pengunjung mengunjungi sebuah website dan betah berlama-lama di sebuah website tersebut, maka semakin meningkat urutanya.

Langkah mengetahui peringkat sebuah website dengan alexa :

1. Kunjungi alexa.com

2. Klik menu site info masukkan alamat website yang akan ingin Anda ketahui urutanya misalnya yahoo.com, yohansalman.com dengan tanpa memasukkan www lalu tekan enter.

Setelah nama domain website dimasukkan akan ada informasi detailsnya, mulai dari peringkat tingkat dunia, lokal sampai dengan beberapa analisis keyword dan statistik situs lainya.

Partai Terbersih

3 Situs Penyedia Blog Gratis Luar Negeri Terkenal

Ngeblog bisa menjadi sarana untuk latihan menulis, rekreasi, berbagi bahkan mencari penghasilan. Di internet banyak penyedia blog gratisan dengan memberikan layanan hosting dan subdomain gratisan. Mulai dari penyedia blog luar negeri sampai dengan penyedia blog gratisan dalam negeri dengan fitur-fitur yang beragama untuk masing-masing penyedia blog gratisan.

Diantara banyaknya penyedia blog gratisan yang terkenal ada 3 yang sampai saat ini paling banyak di gemari oleh blogger-blogger. Ketiga penyedia blog gratis tersebut yaitu :

1. WordPress.com

WordPress merupakan engine blog yang paling banyak digunakan. Engine wordpress sendiri bisa digunakan secara stand alone, artinya engine wordpessnya dapat di gunakan pada domain dan hosting tersendiri di luar server wordpress.com sebagai penyedia blog.

Kelebihan ngeblog di wordpress.com  yaitu pertama gratis tidak ada biaya bulanan serta tidak ada ancaman server down karena belum membayar biaya hostingan. Kedua server uptime dan tidak pernah down dan berlaku keanggotaan selamanya selama wordpress menyediakan layanan tersebut. Ketiga pendaftaran dan pengelolaan blog di wordpress.com lebih mudah dibanding penyedia blog lainya. Keempat Mudah terindeks di Google.

Kekuarangan dari penyedia blog wordpress.com yaitu desain blog sangat terbatas pada templates yang sudah disediakan oleh wordpress.com. Keterbatasan pemilihan templates pada wordpress yang standalone  pada domain sendiri tidak terjadi karena user dapat menginstall templates dan juga mencustomize templates nya. Kedua kabar buruknya adalah ngeblog di wordpress tidak bisa nyambi dipasangi iklan kecuali iklan yang dipasang pada postingan.

Nama domain atau subdomain yang diberikan di wordpress.com yaitu namabloganda.wordpress.com. Jika Anda ingin menjadi .com maka bisa mendaftarkan nama domain di wordpress.com dengan dikenakan biaya tambahan kurang lebih 10 USD untuk satu domai name.

2. Blogger atau Blogspot.com

Blogger atau blogspot merupakan salah satu produk Google untuk blogger. Blogger mempunyai banyak keuntungan dibanding penyedia blog wordpress atau yang lainya. Di blogspot juga bisa dipasangangi iklan, berupa skrip, html atau link gambar paada sidebar ataupun dibawah tiap postingan.

Dimata mesin pencari blogspot mempunyai reputasi yang bagus, maka banyak situs bersubdomain blogspot masuk ke dalam top 100ribu oleh situs  peranking Alexa.

Nama subdomain yang disediakan oleh blogger yaitu dengan subdomain namabloganda.blogspot.com. Di dalam satu akun seorang blogger dapat menambah beberapa blog dengan subdomain berbeda. Selain dengan subdomain.blogspot.com, pengguna juga dapat memakan nama domain sendiri tanpa dipungut biaya alias gratis. Di artikel saya yang berjudul Membuat Blogspot dengan Domain ID dibahas tentang cara membuat blog dengan domain sendiri menghilangkan ekstensi dot blogspot.com.

3. Blog.com

Blog.com memiliki engine wordpress, maka 90 persen fitur yang dimiliki oleh blog.com merupakan fitur wordpress. Keuntunganya sama seperti penyedia blog wordpress.com, bahkan dalam hal tampilan halaman admin lebih unggul dan lebih user friendly dibanding wordpress.com atau blogspot. Kelebihan lainya yaitu nama subdomain lebih simpel dibanding blogspot atau worpress yaitu namabloganda.blog.com. Kelebihan selanjutnya ada tambahan widget-widgets yang lebih kaya.

Kekurangan dari blog.com yaitu terdapat iklan yang besar pada beberapa bagian blog, pengguna harus membayar untuk meningkatkan fitur-fiturnya dengan fitur premium. Misalnya fitur blog dengan nama domain sendiri yaitu 18 USD per tahun, penggunaan themes premium 70 USD per tahun, menghilangkan iklan pada halam 30 USD per tahun.

Jadi rekomendasi penulis jika Anda ingin blog gratis dengan fitur-fitur yang dapat ditingkatkan kemampuanya tanpa ada biaya tambahan lagi dan memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih, maka gunakan blogspot.

Partai Terbersih

The Most Reliable Webhosting Reviewer

Choosing a good web hosting is an important decission for web developer or blogger. Before you choose some webhosting you have to know its performances, cost and other important aspect that related to webhosting features. There are some tips to choose a webhosting company. First is reliability and its support system, second storage, bandwidth and its features and third some reviews from its customer and independent reviewer provider.

Webhostinggeeks.com is one of  the best independent reviewer for webhosting. On this website you will find hundreds  reviews and ratings  of top famous webhosting company. The website also provide categorization of webhosting company by its price, webspace, features and type of hosting. As example of its type : VPS hosting, reseller hosting, dedicated and shared hosting.

The web also has function as web hosting directory. So you will find lots of top  webhosting company in the world. You can write your own review and ratings on your webhosting company. Some feedback that you can give are  Tech support, Software, Reliability & Uptime, Price and User-friendliness. So it is a reason why Webhostinggeeks.com is reliable webhosting reviewer, the user can contribute by their experiences with the webhsting company.

Partai Terbersih