3 Situs Penyedia Blog Gratis Luar Negeri Terkenal

Ngeblog bisa menjadi sarana untuk latihan menulis, rekreasi, berbagi bahkan mencari penghasilan. Di internet banyak penyedia blog gratisan dengan memberikan layanan hosting dan subdomain gratisan. Mulai dari penyedia blog luar negeri sampai dengan penyedia blog gratisan dalam negeri dengan fitur-fitur yang beragama untuk masing-masing penyedia blog gratisan.

Diantara banyaknya penyedia blog gratisan yang terkenal ada 3 yang sampai saat ini paling banyak di gemari oleh blogger-blogger. Ketiga penyedia blog gratis tersebut yaitu :

1. WordPress.com

WordPress merupakan engine blog yang paling banyak digunakan. Engine wordpress sendiri bisa digunakan secara stand alone, artinya engine wordpessnya dapat di gunakan pada domain dan hosting tersendiri di luar server wordpress.com sebagai penyedia blog.

Kelebihan ngeblog di wordpress.com  yaitu pertama gratis tidak ada biaya bulanan serta tidak ada ancaman server down karena belum membayar biaya hostingan. Kedua server uptime dan tidak pernah down dan berlaku keanggotaan selamanya selama wordpress menyediakan layanan tersebut. Ketiga pendaftaran dan pengelolaan blog di wordpress.com lebih mudah dibanding penyedia blog lainya. Keempat Mudah terindeks di Google.

Kekuarangan dari penyedia blog wordpress.com yaitu desain blog sangat terbatas pada templates yang sudah disediakan oleh wordpress.com. Keterbatasan pemilihan templates pada wordpress yang standalone  pada domain sendiri tidak terjadi karena user dapat menginstall templates dan juga mencustomize templates nya. Kedua kabar buruknya adalah ngeblog di wordpress tidak bisa nyambi dipasangi iklan kecuali iklan yang dipasang pada postingan.

Nama domain atau subdomain yang diberikan di wordpress.com yaitu namabloganda.wordpress.com. Jika Anda ingin menjadi .com maka bisa mendaftarkan nama domain di wordpress.com dengan dikenakan biaya tambahan kurang lebih 10 USD untuk satu domai name.

2. Blogger atau Blogspot.com

Blogger atau blogspot merupakan salah satu produk Google untuk blogger. Blogger mempunyai banyak keuntungan dibanding penyedia blog wordpress atau yang lainya. Di blogspot juga bisa dipasangangi iklan, berupa skrip, html atau link gambar paada sidebar ataupun dibawah tiap postingan.

Dimata mesin pencari blogspot mempunyai reputasi yang bagus, maka banyak situs bersubdomain blogspot masuk ke dalam top 100ribu oleh situs  peranking Alexa.

Nama subdomain yang disediakan oleh blogger yaitu dengan subdomain namabloganda.blogspot.com. Di dalam satu akun seorang blogger dapat menambah beberapa blog dengan subdomain berbeda. Selain dengan subdomain.blogspot.com, pengguna juga dapat memakan nama domain sendiri tanpa dipungut biaya alias gratis. Di artikel saya yang berjudul Membuat Blogspot dengan Domain ID dibahas tentang cara membuat blog dengan domain sendiri menghilangkan ekstensi dot blogspot.com.

3. Blog.com

Blog.com memiliki engine wordpress, maka 90 persen fitur yang dimiliki oleh blog.com merupakan fitur wordpress. Keuntunganya sama seperti penyedia blog wordpress.com, bahkan dalam hal tampilan halaman admin lebih unggul dan lebih user friendly dibanding wordpress.com atau blogspot. Kelebihan lainya yaitu nama subdomain lebih simpel dibanding blogspot atau worpress yaitu namabloganda.blog.com. Kelebihan selanjutnya ada tambahan widget-widgets yang lebih kaya.

Kekurangan dari blog.com yaitu terdapat iklan yang besar pada beberapa bagian blog, pengguna harus membayar untuk meningkatkan fitur-fiturnya dengan fitur premium. Misalnya fitur blog dengan nama domain sendiri yaitu 18 USD per tahun, penggunaan themes premium 70 USD per tahun, menghilangkan iklan pada halam 30 USD per tahun.

Jadi rekomendasi penulis jika Anda ingin blog gratis dengan fitur-fitur yang dapat ditingkatkan kemampuanya tanpa ada biaya tambahan lagi dan memiliki keunggulan-keunggulan yang lebih, maka gunakan blogspot.

9 thoughts on “3 Situs Penyedia Blog Gratis Luar Negeri Terkenal”

  1. Kalao saya sendiri lebih suka blogger dan wordpress, karena dua layanan blog gratis ini memang paling banyak dipakai oleh para bloger. Lebih spesifik lagi saya lebih suka bloger karena layanan gratis tersebut punyanya google, dan kalao saya lihat di search persentase paling banyak adalah blog yang dibangun dengan blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *