Logo Pinterest

Cara Mendaftar Pinterest

Pinterest dari susunan katanya seperti sebuah kata dalam bahasa Indonesia, yaitu kata “pinter” dengan akhiran comparative “est” dalam bahasa inggris, terpinter hehe…

Apa itu pinterest? Pinterest merupakan sebuah situs social bookmarking gambar dengan “cita rasa mading” atau papan bulletin. Situs ini berbeda dengan blog yang menjadi media ekspresinya berupa tulisan dengan disertai media lain seperti gambar atau video. Berbeda pula dengan youtube yang menjadi media ekspresinya berupa video. Berbeda pula dengan facebook atau twitter yang menonjolkan “kata-kata galau atau narsis” hehe… Situs pinterest memberikan “board” atau papan tempel bagi anggota websitenya. Setiap anggota dapat menempelkan gambar atau “kertas tempel” seperti di mading kelas. Pinterest lebih mirip ke Tumblr namun lebih mengkhususkan ke aktivitas tempel-tempel gambar berdasarkan kategori-kategori tertentu. Semua bisa diungkapkan atau Anda juga dapat melihat-lihat karya “mading” warga pinterest dan teman-teman Anda yang sudah menjadi anggota pinterest.

Pinterest saat ini menerapkan sistem keanggotan undangan. Artinya semua orang yang ingin bergabung dipinterest tidak langsung jadi dan punya akun disana. Mungkin si terpinter ini sedikit kewalahan dengan jumlah anggotanya yang kiat hari kian membludak sejak situs ini di luncurkan pada akhir tahun 2009. Saat ini situs pinterest mengarah pada “menandai” atau “mempin” konten-konten terutama gambar.

Mendaftar di pinterest harus melalui undangan, caranya yaitu dengan memasukkan alamat email dan klik tombol request an invite. Tunggu beberapa jam hinggu hari untuk permintaan gabung dalam keanggotaan. Tim pinterest akan mengirimkan link beberapa jam setelah pendaftaran. Klik pada link verifikasi tersebut selanjutnya isi form yang disediakan.

Pinterest

Beberapa istilah yang digunakan di situs jejaring sosial gambar pinterest :

Pin : Sebuah gambar yang ditempel pada “mading” di pinterest.
Pinning: kegiatan menempel sebuah gambar di “mading” pinterest.
Pinner : Orang yang melakukan penempelan atau tempel ulang gambar.
Pin It Button : Tombol tempel yang dapat dipasang di blog atau website.
Repin : Tempel ulang dari gambar yang sudah ditempel orang lain.
Board : Kumpulan tempelan yang dikategorikan berdasarkan kategori.
Follow : Berlangganan atau mengikuti sebuah “mading” anggota pembuat “mading”.
Commenting : berkomentar terhadap sebuah “mading”, nah jika di mading nyata hal ini dilarang disini bebas hehe…
like : menyukai postingan yang ditempelkan.

Karena sistem keanggotaan yang masih menggunakan sistem invite, maka bagi para pembaca YohanSalman.com yang ingin mendapatkan invite langsung dapat berkomentar di bawah ini dengan mencantumkan alamat emailnya.

Pendaftaran dari Link Undangan.

1. Setelah mendapatkan link undangan dari teman yang sudah bergabung dengan Pinterest, klik link tersebut. Lalu akan muncul link verifikasi ke akun Facebook dan Twitter. Misalnya kita pilih facebook, selanjutnya klik next.

2. Isi form username dengan username yang tersedia, lalu isi alamat email dan password klik create account.

Mendaftar Pinterest

2. Pada halaman selanjutnya pilih topik yang menjadi menarik minat Anda. Anda dapat memilih beberapa topik dengan mengklik gambar-gambar yang tersedia.

Mendaftar Pinterest

3. Langkah selanjutnya yaitu memfollow daftar yang direkomendasikan oleh Pinterest dan atau memunfollow daftar teman yang sudah bergabung.

4. Selanjutnya Buat topik-topik di Papan Mading Anda, gantilah nama-nama topik yang sudah tersedia sebelumnya.

Mendaftar Pinterest

5. Setelah selesai dibuat maka Anda sudah dapat memulai untuk pinning.

Selamat mencoba layanan pinterest. Semoga tambah pinter hehe…

39 thoughts on “Cara Mendaftar Pinterest”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *