Mengurangi Spamm Pada WordPress dengan Captcha

Komentar dari sebuah blog biasanya digunakan sebagai media interaksi antara penulis suatu blog dengan pembacanya. Namun kemudian "lahan" ini dijadikan sebagai tempat untuk para spammer menyebarkan link website yang tidak relevan dengan komentar yang dikirimkan. Bahkan pesan itu copy-paste untuk banyak website yang dia kunjungi. Hal ini membuat database berat, dan "merusak pemandangan", bahkan bisa membuat pengunjung kabur ke link yang direferensikan oleh para spammer.

Jika blog yang digunakan menggunakan opensource wordpress maka ada beberapa solusi untuk menanganinya. Pertama yaitu dengan mengaktifkan akismet. Plugin ini sangat efektif untuk spammer yang dikirimkan melalui bot yang masuk secara otomatis ke pesan di dalam website berbasis wordpress.

Cara kedua untuk mengurangi gerak spammer yaitu dengan menggunakan plugin Captcha. Bisa dilihat contoh captcha :

captha Menggurangi Spam di WordPress dengan Plugin Captcha

Saat ini saya menggunakan plugin captcha SI CAPTCHA for WordPress yang bisa di download di situs resmi wordpress di http://wordpress.org/extend/plugins/si-captcha-for-wordpress/  disana dijelaskan tentang tata cara instalasinya. Syarat Captcha ini dapat digunakan disana dijelaskan bahwa WordPress yang digunakan yaitu versi 2.x keatas. Terus servernya support  PHP 4.0.6 or ke atasdan GD2 library. Selain itu di halaman templatesnya harus ada code seperti ini : <?php do_action('comment_form', $post->ID); ?> pada halaman comment.php 

setelah di download upload plugin captcha itu di folder plugin wordpress website. Aktivasi pluginnya. Selanjutnya test deh penggunaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *