Hubungi Kami

Membuat Formulir Kontak dengan Contact Form 7

Membuat formulir kontak sangat dianjurkan, hal ini akan memudahkan bagi pengunjung atau pengiklan yang ingin menghubungi Anda melalui halaman website langsung tanpa harus membuka akun email. Keberadaan formulir kontak juga akan membuat website lebih interaktif karena pengunjung akan mudah mengirim pertanyaan, saran atau bahkan kerjasama iklan. WordPress menyediakan beberapa plugin yang secara khusus untuk aplikasi formulir kontak. Satu plugin yang samapai saat ini banyak digunakan yaitu Contact Form7.

Untuk menginstalnya Anda dapat secara langsung mengetikan di menu search install plugin ataupun dengan cara mendownload plugin Contact Form7 terlebih dahulu di website resmi plugin wordpress lalu menginstalnya dengan cara mengupload plugin contact form7.

Pemasangan Contact Form 7 dapat dilakukan di page atau post. Cara pemasanganya lebih sederhana dibanding plugin-plugin sejenisnya. Selain itu satu plugin ini bisa dipakai untuk halaman-halaman formulir yang berbeda, misalnya jika Anda memiliki beberapa halaman formulir yang berbeda yaitu kontak saran dan formulir pendaftaran.

Langkan-langangkah pembuatan kotak pesan dan pemasanganya sebagai berikut.

1. Membuat formulir dengan Contact Form 7

Setelah proses instalasi plugin Contact Form7 selesai, pilih menu “CONTACT” selanjutnya klik edit. Secara default akan tersedia 5 deret skrip (tag) yaitu your name, your email, subject, message dan submit. Kelima deret skrip tersebut  dapat ditambah dentan kotak pesan lain kelengkapanya seperti captcha. Cara menambahkanya yaitu dengan cara mengklik generate tag lalu plih tag yang mana yang akan dimunculkan

Contact Form 7

2. Copy-paste kode yang sudah digenerate di kotak kosong FORM selanjutnya tekan tombol save.

Memasangkan kode Contact Form di page atau post.

1. Copy kode contact form seperti ini : [ contact-form-7 id=”2174″ title=”Contact form 1″]

2. Buat page atau post baru lalu pastekan kode tersebut pada page atau post tersebut.

3. Klik publish untuk mempulikikasikanya.

Page atau post yang dipasangi kode tersebut dapat ditulisi tulisan ataupun gambar seperti page atau postingan blog biasa.

Untuk melihat contoh hasilnya dapat melihat formulir kontak website YohanSalman.com. Semoga tulisan tentang cara Membuat Formulir Kontak dengan Contact Form 7 bermanfaat untuk pembaca setia YohanSalman.com.

4 thoughts on “Membuat Formulir Kontak dengan Contact Form 7”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *