sitemap

Membuat Halaman Sitemap WordPress dengan PS Auto Sitemap

Keberadaan sitemap berpengaruh dalam meningkatkan kunjungan ke blog atau website. Seperti halnya map (peta) dalam kehidupan nyata, di dunia web juga sangat penting untuk memandu bot mesin pencari dan juga pengunjung website melihat isi dari blog kita. Sitemap untuk bot mesin pencari seperti Google umumnya ditulis dalam format file .xml yang terkadang mengernyitkan pengunjung blog alias tidak cocok untuk dibaca oleh pembaca blog.

WordPress sebagai engine berbasis blog yang sangat mudah dimodifikasi menyediakan banyak plugin yang memudahkan penggunanya untuk membuat sitemap. PS Auto Sitemap salahsatunya, saya tulis ulasanya karena plugin sitempa yang satu ini sangat “eye catching” untuk pembaca blog juga buat “Mbah Google”. Untuk melihat pratayang dari plugin yang satu ini bisa dilihat sitemp situs saya. Tampialnya dapat dimodifikasi sesuai selera pengguna.

Instalasi PS Auto Sitemap lebih mudah tanpa harus mengenal kode-kode yang rumit. Langkah pertama yaitu install plugin ini. Cara instalasi plugin di wordpress mungkin sudah sangat paham. Setelah di instalasi dan diaktifikan, buatlah satu page / halaman. Berikan judul di halaman yang akan dijadikan sitemap dan publikasikan. Dibagian isi dapat dikosongkan.

Setelah menginstall plugin dan membuat halaman kosong, langkah selanjutnya adalah melakukan penyetingan di bagian setttings >> PS Auto Sitemap. Pengaturanya yang sangat penting dari poin-poinya sebagai berikut :

PS Auto Sitemap

PostID of the sitemap : diisi dengan ID halaman (page) yang akan dijadikan map. Jika page Anda sudah dipermalink, Anda dapat melihatnya di page >> all pages lalu geser pointer mouse ke atas link page yang akan dijadikan sitemp, maka di urlnya akan ada nomor ID page.

Excluded categories : merupakan daftar kategori yang tidak ingin dimunculkan di sitemap. Untuk melihat ID sebuah kategory langkahnya seperti melihat post ID yang sudah dijelaskan di atas. ID tiap kategori dipisahkan dengan koma.

Exclude posts : merupakan daftar tulisan yang tidak ingin dimunculkan disitemap. Anda dapat mengaturnya seperti exclude catogories.

Select style : Jenis tampilan halaman sitemap. Anda dapat mengganti tampilanya secara mudah.

Pilihan-pilihan lainya dapat dibiarkan secara bwaan, atau Anda juga dapat melihat pengaturan pada gambar di atas.
Semoga tulisan saya tentang cara membuat sitempa dengan PS Auto Sitemap ini bermanfaat untuk Blogger semua, selamat mencoba. Jika ada pertanyaan silahkan isi form komentar dibawah ini.

One thought on “Membuat Halaman Sitemap WordPress dengan PS Auto Sitemap”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *