No Follow Do Follow

Mengubah Dofollow menjadi Nofollow Blogroll WordPress

Blogroll merupakan daftar link luar yang umumnya daftar link teman, link pilihan atau link pesanan berbayar. Blogroll juga dapat berfungsi sebagai bookmark untuk tautan-tautan terhadap halaman-halaman website diluar halaman website kita. Namun di mata mesin pencari seperti Google hal ini kurang bagus, karena bot Google dapat menganggap hal ini sebagai link farm atau tautan spam. Apalagi jika link ke luar website nya mencapai puluhan bahkan ratusan.

Pengertian sederhana tentang Dofollow yaitu link atau tautan yang akan hitung oleh mesin pencari Google sebagai tautan balik atau backlink. Sedangkan istilah nofollow dalam pengertian sederhana yaitu link atau tautan yang tidak akan dihitung sebagai backlink atau tautan balik oleh Google. Ini artinya semakin banyak situs kita di link dofollow oleh situs web lain maka akan meningkatkan popularitas (pagerank) Google. Sebaliknya jika semakin banyak link keluar dofollow maka akan mengurangi popularitas pagerank Google.

Oleh karena itu me-nofollowkan bloggroll merupakan salahsatu upaya yang bagus untuk meningkatkan pagerank di mata mesin pencari Google. Untuk me-nofollowkan blogroll wordpress secara otomatis atau semua link pada blogroll dengan cara mengubah beberapa baris kode yang ada di /wp-includes/bookmark-template.php , kodenya awal seperti ini :

[code language=”php”]
$output .= ‘‘;
[/code]

ubah kode php diatas menjadi :

[code language=”php”]
$output .= ‘
‘;
[/code]

Untuk mengedit file tersebut sebaiknya menggunakan notepad++ untuk mempermudah pencarian kode dan replace kodenya.

3 thoughts on “Mengubah Dofollow menjadi Nofollow Blogroll WordPress”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *