Peranan dan Tingkatan User Pada WordPress Multiuser

Sebuah website yang menggunakan wordpress dapat dikelola oleh beberapa orang dengan kewenangan berbeda pada tiap usernya. Hal ini memungkinkan situs berbasis wordpress dapat terkelola dengan baik oleh beberapa orang. Umumnya situs yang menggunakan situs ber-engine wordpress yang multiuser berbentuk situs berita atau portal dengan konten yang selalu update.

Langkah menambahkan user pada situs berbasis wordpress dengan  cara klik menu sidebar user lalu klik add. Pada halaman penambahan user ada beberapa role user. Berikut adalah daftar role dengan tingkat perbedaan perananan masing-masing user :

Super Admin : User yang menginstall program wordpress dan memiliki semua kewenangan, superadmin memiliki kewenangan untuk semua fungsi “dapur situs”. Hampir sama dengan administrator, namun untuk superadmin punya 5 tingkat kelebihan yaitu mengelola jaringan, mengelola situs (daftar domain), mengelola jaringan user, templates dan options pada blog wordpress yang bersistem multisites.

Administrator : User yang memiliki kewenangan yang sama dengan superadmin namun pada situs yang berbasis multisites seorang Administrator tidak mempunyai 5 akses yang disebutkan pada Superadmin. Semua fitur seperti menambahkan user, menginstall plugin, themes dan lain sebagainya.

Editior : User yang memiliki tingkat kemampuan untuk mengelola postingan tulisan dia sendiri dan user yang lain, menghapus, mengedit, menerbitkan atau menyembunyikan postingan tulisan user lain.

Author : User yang berstatus sebagai author sama seperti editor, namun kapasitasnya hanya terbatas pada postingan sendiri. Seorang author tidak dapat mengedit postingan tulisan user lain.

Contributor : User yang berstatus sebagai contributor dapat mengirim, mengedit atau menghapus postinganya, namun tidak dapat menerbitkan tulisanya. Tulisanya hanya akan dapat terpublish atas kewenangan editor atau administrator.

Subscriber : User yang hanya dapat memiliki akses untuk membaca postingan. Perbedaan dengan pengunjung biasa sebuah website (Guest user) adalah subcriber dapat memiliki akses untuk postingan yang hanya ditujukan pada anggota atau member akun wordpress (subcriber).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *